Monday, 21 May 2018

Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Kepala Desa Kabupaten Mojokerto, Kades Diminta Cakap Kelola Pemerintahan Desa

post-top-smn
Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa saat melantik dan mengambil sumpah Kepala Desa Kabupaten Mojokerto di Pendopo Graha Majatama, Rabu (2/11) lalu

Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa saat melantik dan mengambil sumpah Kepala Desa Kabupaten
Mojokerto di Pendopo Graha Majatama, Rabu (2/11) lalu

Kab Mojokerto, SMN – Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa, meminta 39 orang kades (4 orang hasil pilkades antarwaktu dan 35 orang dari pilkades serentak) agar meningkatkan kapasitas kerja dan cakap dalam pengelolaan tatanan pemerintahan desa, yang Ia amanatkan dalam acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Kepala Desa Kabupaten Mojokerto, di Pendopo Graha Majatama, Rabu (2/11) kemarin.

“Saya minta kepada 39 orang kades (kepala desa) yang dilantik dan diambil sumpahnya hari ini, untuk terus memacu diri baik dan cakap dalam memimpin serta mengelola tatatan pemerintahan di desa masing-masing. Desa adalah ujung tombak pembangunan, saya harap kades yang terpilih mempunyai kapabilitas dalam menjalani kewajiban sampai enam tahun ke depan,” jelas bupati.

Selain hal-hal di atas, secara jelas bupati juga memiliki ekspektasi agar kades memiliki pengetahuan lebih dan mampu menjalankan administrasi kedinasan secara baik.  “Kades yang terpilih sudah menangkap pola pembangunan di Kabupaten Mojokerto seperti apa, mereka sudah bisa memetakan (apa saja yang harus dibangun di desa). Segera setelah pelantikan, kades harus melaksanakan visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan dan program. Semua harus disusun secara sistematis, terarah, terpadu dan tanggap terhadap perubahan. Tidak lupa juga dengan prinsip dasar pemberdayaan, transparansi, akuntabilitas, keberlanjutan dan partisipasi,” tambah bupati.

Orang nomor satu di Kabupaten Mojokerto tersebut tidak lupa berpesan agar kades terus melaksanakan konsolidasi dengan semua perangkat desa, serta menjalin kemitraan dengan BPD serta semua elemen masyarakat. Cermat memperhatikan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia,  kelola dan berdayakan potensi unggulan desa, juga ditekankan bupati sebagai modal untuk mencari sumber pendapatan mandiri desa.

Sebagai informasi, masih akan ada pelantikan 4 orang kades yang akan menyusul di tanggal 28 November mendatang. Antara lain pelantikan Desa Dilem (Kecamatan Gondang), Desa Kemasantani (Kecamatan Gondang), Desa Gunungan (Kecamatan Dawarblandong) dan Desa Puri (Kecamatan Pusri).

Hadir juga dalam acara ini Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, Ketua TP-PKK serta Wakil I Ketua TP-PKK Kabupaten Mojokerto, Ikfina Kamal Pasa dan Yayuk Pungkasiadi, pimpinan DPRD Kabupaten Mojokerto, Ismail Pribadi, Sekdakab Mojokerto, Herry Suwito, unsur Forkopimda Kabupaten Mojokerto dan SKPD. (hms/adv/kan)

post-top-smn

Baca berita terkait