Friday, 19 April 2019

Penerimaan Pajak Meningkat, Djp Jatim II Pacu Sosialisasi Tax Amnesty

post-top-smn
Sosialisasi Amnesti Pajak di Jawa Timur

Sosialisasi Amnesti Pajak di Jawa Timur

Surabaya, SMN – Sukses pelaksanaan Amnesti Pajak I, membuat kantor wilayah DJP Jawa Timur II semakin bersemangat melakukan sosialisasi amnesti pajak tahap II.

Kepala Kanwil DJP Jawa Timur II, Irawan di Kanwil DJP Jawa Timur II mengemukakan, secara nasional, jumlah uang yang dideklarasikan selama masa amnesti tahap I sebesar Rp 37,72 triliun hingga jumlah tebusan mencapai Rp 97,3 triliun.

Kanwil DJP Jawa Timur II selama periode pertama, 10 ribu wajib pajak mengikuti amnesti pajak dengan total tebusan senilai Rp 1,34 triliun. “Nilai tebusan itu diperoleh dari laporan Badan UMKM mencapai Rp 171 miliar, dan Object Pajak senilai Rp 1,1 triliun dan sisanya OP UMKM,” ujar Irawan, Jum’at (7/10).

Dari pengalaman laporan tax amnesti tahap I, kemungkinan para wajib pajak akan berduyun-duyun menyampaikan hartanya pada akhir masa pengampunan pajak tahap II nanti, sekitar bulan Desember 2016. “Masih ada peluang besar, untuk mendapatkan uang tebusan dari program pengampunan pajak di tahap II ini,” tegas Irawan.

Tujuan utama tax amnesty adalah repatriasi atau menarik dana warga negara Indonesia yang ada di luar negeri. Kedua, untuk meningkatkan pertumbuhan nasional.Ketiga, meningkatkan basis perpajakan nasional, yaitu aset yang disampaikan dalam permohonan pengampunan pajak dapat dimanfaatkan untuk pemajakan yang akan datang. Keempat, tax amnesty untuk meningkatkan penerimaan pajak tahun ini.

Sedangkan batas waktu OP untuk mengikuti pengampunan paja tahap II, hingga akhir bulan Desember 2016 mendatang.(mad/kom_jtm)

post-top-smn

Baca berita terkait