Sunday, 27 May 2018

Pemkot Probolinggo Melalui DKP Gelar Gemas Cinta Tahun 2016

post-top-smn
KETERANGAN GAMBAR : Walikota HJ. Rukmini. Sh.Msi, Walikota HM Suhadak. Spd dan pejabat lainnya saat acara Gemas Cinta dalam rangka memperingati HIN dan HN.

Walikota HJ. Rukmini. Sh.Msi, Walikota HM Suhadak. Spd dan pejabat lainnya saat acara Gemas Cinta dalam rangka memperingati HIN dan HN.

Probolinggo, SMN – Dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional(HIN) dan Hari Nusantara(HN) tahun 2016, maka Pemerintah Kota Probolinggo yang dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), menggelar GEMAS CINTA (Gelaran Kiprah Masyarakat Cinta Ikan dan Bahari) tahun 2016, di tambak DKP (17/11).

Hadir dalam acara GEMAS CINTA tersebut Walikota Hj.Rukmini Sh.Msi, Wakil Walikota HM.Suhadak.Spd, perwakilan Dirjen penguatan daya saing produk kelautan Kementrian Kelautan dan Perikanan, serta Dirjen Perikanan Tangkap KKP Jakarta dan Rombongan,Setda Drs.H.Johny Haryanto.Msi, Kapolres Kota AKBP Hando Wibowo, Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD, Ketua Komisi DPRD, Kepala DKP IR.Budi Krisyanto.MM, Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas, Kesyahbandaran, Kepala Bank Jatim cabang Probolinggo, Camat,Lurah serta undangan lainnya.

Ir. Fitriawati.Mm selaku ketua panitia Gemas Cinta dalam laporannya menjelaskan, maksud dan tujuan kegiatan ini adalah, mengkomunikasikan kegiatan dalam rangka peringatan hari ikan nasional dan hari nusantara tahun 2016, pemerintah kota probolinggo beserta segenap elemen masyarakat, dan mengajak seluruh elemen masyarakat, untuk mengelola sumberdaya kelautan dan perikanan yang tersedia, demi kesejahteraan, kesehatan dan kecerdasan bangsa, serta kelestarian lingkungan.

Lebih lanjut IR.Fitri menjelaskan Tujuan lainnya adalah mengajak seluruh element untuk meningkatkan kwalitas SDM, dan mendukung ketahanan pangan dan gizi, serta kesadaran masyarakat, terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan, yang mengandung protein berkualitas tinggi.

IR.Fitri juga menyampaikan, GEMAS CINTA akan dimulai Bulan November sampai Desember, dengan kegiatan roadshow makan ikan, temu bisnis pelaku usaha perikanan, gelar produk olahan hasil perikanan, lomba ikan asap, pelatihan diversifikasi rumput laut, Gema Insani, lomba mancing, bersih-bersih pantai, penanaman cemara udang, penanaman mangrove, bimtek navigasi, restocking ikan di PU, penenggelaman apartemen ikan, dan cangkruan dengan pelaku perikanan, sedangkan dalam Launching GEMAS CINTA dilaksanakan, lomba mancing, gelar produk olahan hasil perikanan, lomba ikan asap, dan Gema Insani Balita dan Anak TK.

Dirjen KKP Pusat dalam sambutannya yang pada intinya mengatakan bahwa pentingnya mengkomsumsi ikan dan manfaatnya bagi tubuh terlebih gisi untuk anak usia dini.

Walikota Hj.Rukmini.SH.Msi dalam sambutannya mengatakan bahwa sangat mengapresiasi sekali pada kegiatan tersebut, yang dilaksanakan dalam rangka melibatkan masyarakat, dan merupakan momentum yang tepat dalam berkiprah dan berkreasi bersama, dan menyampaikan terima kasih atas dukungan semua stake holder.

“ Tema hari nusantara kali ini adalah, tata kelola potensi maritim nusantara yang baik menuju poros maritim dunia, dan semoga ini menggugah kesadaran sektor perikanan untuk pembangunan Indonesia.”

Lebih lanjut Walikota mengatakan ini merupakan program perintah melalui DKP setiap tahun memberikan stimulan atau makanan bergisi dari ikan mulai dari balita sampai anak anak dan untuk tahun ini sebanyak 800 paket.

Walikota juga berharap masyarakat ikut terlibat dalam semua kegiatan yang dilaksanakan oleh DKP dan bisa berkelanjutan serta dapat dinikmati oleh anak cucu kita, juga diharapkan tingkat komsumsi ikan dapat meningkat. (edy)

post-top-smn

Baca berita terkait