Monday, 22 October 2018

Pemkot Probolinggo Berikan Pemahaman Empat Pilar Kebangsaan

post-top-smn

Komandan Kodim 0820 Letkol Kav. Depri Rio Saransi saat memberikan materi kepada para ASN, dan juga Kepala BKPSDM Drs. Rachma Deta Antariksa.Msi.

Probolinggo, SMN  Belakangan ini, marak berita yang memberitakan adanya oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang termasuk dalam jaringan terorisme. Banyak pula permasalahan yang mampu memecah belah persatuan bangsa. Walaupun oknum ASN tersebut tidak dalam lingkup Pemerintah Kota Probolinggo, tetap saja meresahkan masyarakat. Hal itu membuktikan bahwa paham radikal telah masuk ke seluruh elemen masyarakat, termasuk ASN.

Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota HJ.Rukmini. Sh.Msi, Komandan Kodim 0820 Letkol Kav.Depri Rio Saransi, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kabag, Camat, Lurah, serta para ASN peserta.

Wali Kota Probolinggo Rukmini, ASN wajib memahami dan menerapkan Empat pilar kebangsaan, yakni pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika. “Empat pilar kebangsaan merupakan empat pilar jati diri bangsa yang perlu dijaga oleh seluruh rakyat Indonesia, termasuk ASN perlu memahami dan menjadikannya anjuran dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari,” Walikota juga menambahkan bahwa sudah sepatutnya dapat saling menerima perbedaan yang ada, saling menghargai juga menghormati satu sama lain karena setiap orang dan daerah memiliki kebiasaan dan tata krama yang berbeda.

“Terutama bagi penyelenggaraan negara agar dapat menjadi contoh dan teladan bagi rakyatnya dan membentuk ASN yang bersih dan melayani serta menjunjung tinggi nilai kejujuran,” HJ.Rukmin.juga menekankan ASN untuk bekerja sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku serta senantiasa menjaga nama baik dan berpedoman pada empat pilar kebangsaan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Probolinggo Drs. Rachma Deta Antariksa. Msi mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah melaksanakan kegiatan pembinaan terhadap ASN untuk meningkatkan pengetahuan empat pilar kebangsaan di kalangan ASN.

“Kegiatan ini memang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran ASN dalam berbangsa dan bernegara dan mencegah paham radikal masuk kedalam lingkup ASN,” Kepala BKPSDM juga menjelaskan Kegiatan ini diikuti oleh 260 ASN perwakilan dari seluruh OPD di Pemkot Probolinggo dan mendatangkan Narasumber Komandan Kodim 0820 Probolinggo, Letkol Kav. Depri Rio Saransi, dan setelah dibuka secara resmi oleh Walikota dilanjutkan dengan Paparan oleh narasumber. (EDY)

post-top-smn

Baca berita terkait