Sunday, 26 May 2019

Pemkab Sidoarjo Gandeng IAIP Gelar Workshop Peningkatan Kapasitas bagi Pelaku Pengadaan Barang dan Jasa

post-top-smn

Pemkab Sidoarjo gandeng IAPI mengadakan Workshop Peningkatan Kapasitas bagi Pelaku Pengadaaan Barang dan Jasa, Rabu, (12/12).

Sidoarjo, suaramedianasional.co.id – Lebih dari 500 penyedia barang/jasa dari berbagai daerah di Jawa Timur, mengikuti kegiatan Workshop Capacity Building, Sidoarjo Procurement Expo & Conference (SPEC) 2018. Kegiatan yang juga disebut Peningkatan Kapasitas Bagi Pelaku Pengadaan Barang dan Jasa  itu, digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo bekerjasama dengan Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) DPD Jawa Timur, di Gedung Serbaguna Kabupaten Sidoarjo, Jl. Lingkar Timur, Rabu, (12/12). “Workshop ini lebih menitikberatkan kepada peningkatan pengetahuan dan kapasitas kompetensi penyedia barang/jasa, terkait dengan pengadaan barang/jasa yang didanai APBN atau APBD. Tentunya juga untuk meningkatkan kapasitas para pelaku usaha di bidang pengadaan barang/jasa,” tutur Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Sidoarjo, Sanadjihitu Sangaji.

Sangaji mengatakan, kegiatan ini diadakan oleh Pemkab Sidoarjo kerjasama dengan IAPI yang berlangsung selama dua hari, digelar pada tanggal 12–13 Desember 2018 dengan peserta mencapai lebih dari 500 penyedia barang/Jasa se-Jawa Timur.

Dengan adanya workshop ini, para peserta bisa semakin menambah ilmu khususnya pengetahuan tenang pengadaan barang/jasa  pemerintah, khususnya dalam penerapan kontrak pengadaan dan bagaimana modernisasi serta kebijakan pengadaan barang/jasa pemerintah. Hadir sebagai pembicara atau pemateri, diantaranya Direktur Pengembangan Profesi dan Kelembagaan LKPP, Tatang Rustandar dan Direktur Perencanaan Sarana dan Prasarana Institut Teknogi Sepuluh Nopember (ITS), Agus Mardyanto. “Saya yakin peserta akan mendapatkan substansi tema yang kami usung dalam workshop ini, melalui pemateri yang kami hadirkan ,” ujarnya.

Selain para pemateri tersebut, juga dihadirkan praktisi dan pakar hukum yakni Guru Besar Fakultas Hukum Unair, Sogar Simamora, dengan materi “Pencegahan Resiko Hukum dalam Pengadaan Barang/Jasa”.

Sangaji mengatakan, selama satu hari penuh para peserta diberikan materi mengenai pengetahuan tentang pengadaan barang/jasa dan jabatan fungsional,  baik dari sisi kebijakan, kontrak dan modernisasinya. Peserta juga berdiskusi mengenai pengalaman penyedia dalam mengikuti  pengadaan barang/jasa pemerintah.

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah menyampaikan bahwa pengadaan barang/jasa mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pembangunan daerah, terutama dalam peningkatan pelayanan publik dan perekonomian daerah. Terkait dengan produk-produk e-katalog yang akan ditampilkan oleh pemkab Sidoarjo, Bupati Saiful Ilah berharap agar OPD (Organisasi Perangkat Daerah) wajib menggunakannya, kedepan Saiful Ilah minta katalog local harus diperbanyak jumlahnya.

“Bagi OPD yang paket pengadaan barang dan jasa tahun 2019 belum diumumkan pada hari ini, agar segera di proses untuk diumumkan di awal tahun 2019, terutama untuk pekerjaan yang berhubungan dengan program strategis daerah,” katanya.

Ia menambahkan, dengan diselenggarakannya kegiatan peningkatan kapasitas bagi pelaku pengadaan barang/jasa ini dapat mengubah anggapan bahwa, pengadaan barang dan jasa pemerintah yang ribet, rumit dan lama akan menjadi mudah, sederhana dan cepat.

Pemerintah sudah memberikan berbagai macam panduan dan fasilitas , untuk kemudahan bagi para pelaku pengadaan barang dan jasa, melalui e-katalog dan e-pengadaan langsung, yang bisa diakses secara cepat melalui komputer. (try).

post-top-smn

Baca berita terkait