Monday, 23 July 2018

Pemkab Ponorogo Gelar Sekolah Kepemimpinan Pemuda KNPI

post-top-smn
Bupati Ponorogo H.Ipong saat memberikan sambutan di acara latihan kepemimpinan KNPI Ponorogo

Bupati Ponorogo H.Ipong saat memberikan sambutan di acara latihan kepemimpinan KNPI Ponorogo

Ponorogo, SMN – Pemkab Ponorogo yang diwakili Bupati Ponorogo H.Ipong Muchlissoni menggelar sekolah kepemimpinan Pemuda KNPI dengan tema “Merekonstruksi Generasi Muda Dalam memahami Konsep Negara Dan Menjaga NKRI”. Giat ini digelar sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas calon pemimpin yang kedepan mempunyai dedikasi tinggi dan berintegritas khususnya DPD KNPI bidang organisasi,kaderisasi dan keanggotaan, yang bertempat di Hotel Latiban Ponorogo pada hari Sabtu (7/10)

Bupati Ponorogo H.Ipong Muchlissoni dalam sambutannya menyampaikan, saat berumur dua puluh dua tahun dirinya mulai masuk di suatu organisasi atau mulai suka dalam berorganisasi . Kala itu tepatnya tahun seribu Sembilan ratus delapan puluh tujuh,dan masih semester empat fakultas FIsipol Universitas Mulawarman Samarinda.”Kalau memang kita memilih hidup untuk memimpin masyarakat, maka tahapan latihan kepemimpinan seperti ini harus diikuti,” himbaunya.

Bupati Ipong juga memaparkan pengalaman masa-masa muda dulu , dirinya juga mengikuti latihan kepemimpinan pemuda tingkat seperti Kabupaten Ponorogo ini,tapi di kota Samarinda, kemudian dilanjutkan ke tingkat Propinsi dan selanjutnya diteruskan ke jenjang latihan kepemimpinan tingkat Nasional. Setiap mengikuti  latihan kepemimpinan pemuda, dirinya selalu menjadi yang terbaik atau bisa dikatakan juara terus.

Dalam menjalani hal itu Bupati Ipong juga susah payah dalam meraihnya. Karena mulai SD,SMP,SMA dirinya selalu aktif dalam berorganisasi meskipun berbeda-beda jenis organisasinya. Baik seni maupun kemasyarakatan. Hal tersebut ternyata melatih dan mengasah dirinya untuk mendapatkan ilmu akan pengetahuan dan pengalaman yang luar biasa, yang tidak didapatkan di bangku sekolah maupun di bangku kuliyah.

Menurut Bupati Ipong, karena berkat aktif di berbagai organisasi pada saat dirinya belum lulus sarjana politik, sudah ada Sembilan pihak perusahaan yang meminang dengan menawari pekerjaan. Baik di PNS maupun Pertamina, namun dirinya memilih bekerja di perusahaan kayu karena gajinya paling besar. “Waktu itu gaji PNS berkisar Sembilan puluh ribu, tapi di perusahaan kayu gajinya sudah mencapai empat ratus ribu,” ungkapnya. Pihaknya juga memaparkan, hal tersebut karena betapa luar biasa dan hebatnya ketika aktif di organisasi bahkan masyarakatpun juga melihat, tapi organisasi itu kegiatannya harus positif. Dirinya juga menceritakan pengalamannya saat masuk kerja pertama kali sudah ditugasi memimpin rapat terkait persiapan kedatangan seorang menteri di perusahaan tersebut.”Coba bisa dibayangkan,kalau kita tidak pernah ikut organisasi,kita hanya dibangku kuliah. Bagaimana coba bisakah kita memimpin rapat itu ?,” kenangnya.” Karena saya sejak dulu sudah ikut organisasi, bahkan saya sudah sering memimpin rapat organisasi yang saya ikuti,maka ya jelas tidak sulit dalam memimpin rapat alias no problem,” Akunya.

Lebih lanjut, Bupati Ipong juga menyampaikan,Pihaknya akan mengantarkan semua peserta yang hari itu hadir latihan kepemimpinan pemuda sebagai bagian dari penyiapan KNPI Kabupaten Ponorogo dalam menjadikan mereka sebagai pemimpin-pemimpin masa depan dan Untuk menjadi pemimpin-pemimpin pemuda masa depan di seluruh kabupaten Ponorogo.

Ipong juga berharap untuk lebih lanjut membentuk PAC sebagai pengurus kecamatan di masing-masing kecamatan,”Yakin dan percayalah bahwa tidak ada satupun kegiatan selain organisasi semacam ini yang bermanfaat.”Dan itu manfaatnya akan jauh lebih terasa nanti pada saat kita menjalani kehidupan ini.” Ujarnya.

Bupati Ipong juga mengungkapkan, dirinya memutuskan mengundurkan diri dari tempatnya bekerja pada tahun seribu sembilan ratus sembilan puluh lima, dikarenakan semenjak bekerja dirinya tidak dapat berorganisasi karena tugas-tugas dari perusahaan, Pun gajinya sudah mencapai delapan juta rupiah. Namun memutuskan untuk menjadi wiraswasta dan wirausaha dengan harapan untuk dapat berorganisasi. Dan pada saat itu di gerakan pemuda Anshor sebagai sekertaris pengurus wilayah Kalimantan Timur.”Satu-satunya lembaga organisasi di Indonesia yang diakui oleh undang-undang untuk bisa menempatkan orang-orang  dalam lembaga supra dan infrastruktur politik atau Negara itu adalah partai politik, dan biasanya memanfaatkan organisasi yang ada”, Pungkas Bupati Ipong. Giat berjalan aman tertib dan kondusif yang kemudian dilanjutkan dengan foto bersama.   (hms/adv/Wied)

post-top-smn

Baca berita terkait