Saturday, 20 October 2018

Pemkab Ponorogo Bagikan 50 Mobil Siaga Desa

post-top-smn
Ponorogo, SMN – Kondisi geografis wilayah Ponorogo yang sebagian besar terdiri dari pegunungan menyebabkan masyarakat desa kesulitan dalam mobilitas. Oleh karena itu Pemkab Ponorogo membagikan 50 mobil siaga desa Rabu (25/7) di Paseban alun-alun Ponorogo. Penyerahan mobil siaga desa dilakukan oleh bupati Ponorogo Drs. H. Ipong Muchlissoni didampingi oleh kepala dinas kesehatan drg. Rahayu Kusdarini. Sebanyak 50 mobil siaga desa diberikan kepada desa yang terpilih dari  desa yang ada di Ponorogo.
“Mobil siaga desa ini diberikan kepada desa yang terpilih dengan kriteria tertentu. Diutamakan desa terpencil yang letak geografisnya cukup ekstrim dan terjal sehingga masyarakatnya kesulitan bila butuh mobilisasi cepat yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat”kata bupati Ipong.
Kriteria yang dimaksud yaitu tingkat kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, jumlah penduduk, jarak dengan pelayanan kesehatan dan indeks kesulitan geografis (IKG).
“Dengan adanya mobil siaga desa ini bisa membantu masyarakat dalam berbagai kegiatan seperti kematian, sakit atau untuk mengantar anak sekolah dan hajatan. Dan semua gratis tanpa dipungut biaya karena biaya operasional dan pengadaan sopir diambil dari dana desa, “imbuh Ipong.
Pengadaan mobil siaga desa ini berdasar pada PERDA NO 8 Tahun 2017 Tentang APBD 2018, Dokumen pelaksanaan anggaran Satuan kerja perangkat daerah dinas kesehatan tahun anggaran 2018, Keputusan Bupati NO 188.45/2259/405.10/2018 Tanggal 19 Juli 2018  yang diambil dari APBD.
mobil siaga desa ini dibawah tupoksi dinas Kesehatan namun tahun depan akan dialihkan ke dinas pemberdayaan masyarakat desa.” Desa yang dipilih mendapatkan mobil siaga ini tidak ada dasar yang pemilihannya berdasarkan politik dengan dukung-mendukung dan sebagainya, tapi murni ini untuk kepentingan masyarakat.” papar bupati Ipong.
Pihaknya juga berharap dan bercita-cita untuk semua desa akan diberikan mobil siaga desa namun sesuai dengan kondisi keuangan Pemkab Ponorogo.(wied/adv/hms)
post-top-smn

Baca berita terkait