Tuesday, 18 June 2019

Pemkab Kediri Kembangkan SMS Center Untuk Infokan Harga Komoditas Pertanian

post-top-smn

KEDIRI - PEMKAB SMS 1

Kediri, SMN – Pemkab Kediri akan mengembangkan aplikasi SMS Center untuk memberikan informasi harga komoditas pertanian kepada petani. Hal tersebut terungkap saat rapat antara Bupati Kediri dr.Hj.Haryanti Sutrisno dan Kepala Dinas Kominfo serta Kepala SKPD di lingkup pertanian yang meliputi Dinas Pertanian, BKP3, Dishutbun dan Dinas peternakan dan Perikanan di ruang Pamenang, Senin, 23 Pebruari 2015. Turut pula dalam rapat tersebut Tim dari Telkom Kediri sebagai penyedia jasa.

Bupati Haryanti mengatakan bahwa selama ini petani menjual komoditasnya dengan harga yang murah kepada tengkulak karena tidak mengetahui harga sebenarnya di pasar.

“Dengan adanya aplikasi SMS Center ini, Petani bisa mengetahui harga komoditas pertanian di pasar. Sehingga petani bisa menjual dengan harga yang lebih tinggi daripada dijual di tengkulak. Diharapkan kesejahteraan petani akan meningkat,” urai Bupati Haryanti.

KEDIRI - PEMKAB SMS 2

Dalam rapat tersebut, Arya Satriananta, General Manager Telkom Witel Jatim Tengah Kediri mengatakan bahwa Telkom sudah berpengalaman untuk membuat SMS Center. Dia mencontohkan salah satu aplikasi yang sudah dikembangkan oleh telkom yang berbasis website. Aplikasi tersebut bisa menginformasikan harga komoditas pertanian seperti harga beras, jagung, cabai dll.

“Di website tersebut petani bisa mengetahui harga komoditas pertanian di pasar sehingga petani punya pegangan harga saat menjual produknya. Sedangkan untuk di Kabupaten Kediri informasi harga akan berupa SMS, petani hanya mengirim sms ke nomor khusus dan menerima informasi harga pertanian,” jelas Arya.

Sementara itu, Bupati Haryanti menginstruksikan agar Dinas Kominfo Kabupaten Kediri mengembangkan sendiri aplikasi tersebut, sedangkan Telkom hanya sebatas membantu saja. “Sekarang hampir semua petani mempunyai handphone, jika aplikasi SMS center ini berjalan, saya yakin para petani bisa menggunakannya,” jelas Haryanti. (adv/kan)

post-top-smn

Baca berita terkait