Saturday, 20 October 2018

Pemkab Kediri Canangkan Gerakan Tanam Padi Serentak

post-top-smn
Suasana acara penyerahan Transplanter dan gerakan Tanam serentak bersama Ibu bupati kediri di desa Jantok Kec.Purwoasri, Senin (21/11)

Suasana acara penyerahan Transplanter dan gerakan Tanam serentak bersama Ibu bupati kediri di desa
Jantok Kec.Purwoasri, Senin (21/11)

Kediri, SMN – Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pertanian melaksanakan penanaman padi serentak di areal persawahan Desa Jantok, Kecamatan Purwoasri, Senin (21/11). Bersamaan dengan acara ini diserahkan pula lima unit mesin penanam padi otomatis (transplanter) kepada Gapoktan Tani Mulyo Desa Jantok.

Hadir dalam acara ini Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno dan Dandim 0809 Kediri, Letkol Inf. Purnomosidi, dan Kepala Balitkabi Malang Kementrian Pertanian, Dr. Ir. Didik Harnowo.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno mengatakan agar para petani dapat memanfaatkan bantuan alat pertanian tranplanter secara maksimal sehingga dapat meningkatkan produktifitas padi yang ditanam.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kediri, Ir, Widodo Imam Santoso, MAB..mengatakan harapannya dari penyerahan bantuan transplanter ini dapat menjadi semangat bagi Gapoktan mencapai tambah luas tanam seperti yang diharapkan.

“Gapoktan Tani Mulyo dijadikan percontohan. Diharapkan adanya mesin ini bisa membuka unit usaha alat dan mesin pertanian (alsintan) untuk kebutuhan Kecamatan Purwoasri. Sepanjang tahun 2013 hingga saat ini sudah diberikan transplanter sebanyak 13 unit. Bila berhasil akan dikembangkan lebih luas ke seluruh Kabupaten Kediri.” Kata Widodo.

Dilanjutkan oleh Widodo, tahun 2015 Kecamatan Purwoasri memiliki luas lahan tanam padi 5000 hektar dan menghasilkan mempunyai produktivitas 7 hingga 8 ton per hektar. “Potensi purwoasri begitu besar karena hampir 10 persen dari luas total area lahan padi di Kabupaten Kediri, yakni sebesar 57 ribu hektar.” Imbuhnya.

Sebagai informasi, dalam kesempatan ini dilakukan sosialisasi penanaman refugia, seperti tanaman bunga kertas (zinnia), kenikir, dan bunga matahari. Manfaat dari refugia ini adalah menekan tingkat serangan hama wereng. Dimana refugia merupakan tempat berlindung bagimusuh alami wereng yakni capung dan lebah. (hms/adv/kan)

post-top-smn

Baca berita terkait