Thursday, 13 December 2018

Pemerintahan Kabupaten Pasuruan Melalui Dinas BPMD Menyiapkan Anggaran 25 Milyar Untuk Pasar Desa

post-top-smn

2017-05-28_17.01.36 Pasuruan, SMN – Dalam beberapa Pasar desa yang ada di Kabupaten Pasuruan, dinilai kurang Representatif di beberapa Wilayah dalam perencanaan akan dilakukan pembehanan dan pembangunan oleh Pemkab Pasuruan.

Maka dari itu untuk mewujudkan program tersebut, Perintahan Kabupaten Pasuruan sudah menyiapkan anggaran dana senilai Rp Rp 2,5 miliar dari APBD 2017 Kabupaten Pasuruan.

Hal tersebut telah diakui oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan, Tri Agus Budiharto. Dan dirinya menjelaskan bahwa untuk pembangunan Pasar Desa di Tahun 2017 ini merupakan program lanjutan atau tahapan dari tahun  sebelumnya. Untuk pembenahan atau pembangunan pasar desa tersebut, telah ditujukan untuk pengembangan pasar desa.

“Pemkab Pasuruan berharap, sarana dan prasarana untuk pasar desa yang diperuntuhkan buat masyarakat dan dipergunakan untuk aktivitas perdagangan supaya masyarakat bisa lebih meningkat dan juga bisa menambah pendapatan untuk masyarakat asli daerah. Kegiatan untuk penambahan meliputi kios, pavingisasi dan beberapa pembenahan lainnya. Dengan begitulah, bisa menunjang perekonomian pedagang dan warga sekitar,” jelas Tri Agus.

Program rehab pasar desa ini juga diharapkan bisa mendorong dan dapat peningkatan sarana dan prasarana yang ada di pasar setempat. Dengan peningkatan sarana tersebut, kondisi pasar desa diharapkan lebih representatif dan bisa meningkatkan PAD Desa. Dampaknya, juga berpengaruh kepada perekonomian masyarakat,” singkat Tri Agus.

Lebih lanjut Tri Agus menjelaskan, selain itu, pembenahan tersebut juga untuk persiapan menghadapi lomba tingkat Provinsi. Hal inilah, yang juga mendorong Kabupaten Pasuruan untuk  Menyemangatkan buat progam pasar desa di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Rencananya, dana Rp 2,5 miliar disiapkan untuk pembangunan pasar desa tahun ini. Untuk jumlah itu Tri Agus memgakui, lebih rendah dibandingkan di tahun sebelumnya tahun 2016 kemarin, dan Pemkab telah suda menyiapkan dana sebesar Rp 2,8 miliar untuk merehab belasan pasar desa yang ada di wilayah Kabupaten Pasuruan.

“Dari sejumlah pasar desa yang akan dibenahi tahun 2017 ini, belum bisa diputuskan dan untuk putusannya nanti bulan Agustus, baru kita bisa mengetahui untuk berapa-berapanya pasar yang akan dibenahi. Yang lebih jelasnya, kami telah suda menyiapkan anggaran dana sebesar Rp 2,5 miliar,” pungkas Tri Agus. (Pur)

post-top-smn

Baca berita terkait