Sunday, 21 October 2018

Pemerintah Jepang Bantu Madrasah Untuk Bngun 5 lokal kelas baru

post-top-smn
Peresmian gedung ruang kelas bari di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif 41 Tarbiyatul Islamiyah yang dihadiri Perwakilan Konsul Jenderal Jepang di Surabaya, Yoshiharu Kato, Kamis (5/1/2017)

Peresmian gedung ruang kelas bari di Madrasah
Ibtidaiyah (MI) Ma’arif 41 Tarbiyatul Islamiyah yang dihadiri Perwakilan Konsul Jenderal Jepang di Surabaya, Yoshiharu Kato, Kamis (5/1/2017)

Jember, SMN – Perwakilan Konsul Jenderal Jepang di Surabaya, Yoshiharu Kato, Kamis (5/1) pagi hadir di Desa Taman Sari, Kecamatan Wuluhan guna untuk meresmikan gedung ruang kelas baru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma`arif 41 Tarbiyatul Islamiyah.

Menurut Kato, hal ini dilakukan pihak Pemerintah Jepang melalui program bantuan hibah untuk keamanan manusia tingkat akar rumput (grant assistance for grass roots human security project) yang hal itu dilakukan dengan MoU pada tanggal 22 Maret 2016 lalu.

“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada panitia dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember serta masyarakat Jember yang telah menyambut saya dengan luar biasa sebab ini kunjungan pertama kalinya,” kata Kato, kemarin.

Dikatakan lagi oleh Kato bahwa pendidikan dasar merupakan salah satu hal yang paling penting dalam kehidupan kita.

“Jadi melalui bantuan hibah ini untuk keamanan manusia tingkat akar rumput oleh pihak kami dan ini telah dibangun 5 ruang kelas baru dan perpustakaan serta pengadaan peralatan peralatan belajar mengajar,” jelasnya.

Bantuan hibah itu diberikan dikarenakan sejak tahun 1962 gedung lama yang dibuat para siswa MI Ma`arif 41 Tarbiyatul Islamiyah, yaitu ruang baca dan ruang unit kesehatan sekolah (UKS) untuk mereka belajar.

“Mulai saat ini dengan adanya ruangan dan peralatan belajar yang baru sebab siswa siswi dapat belajar di lingkungan yang lebih baik. Dan saya berharap siswa siswi dapat belajar lebih giat lagi sehingga mereka dapat melanjutkan ke Jepang sehingga menjadi jembatan penghubung antara pemerintah Jepang dan Indonesia,” bebernya.

Disampaikan juga oleh Kato bahwa bantuan ini merupakan itikad baik dari penduduk Jepang kepada masyarakat Indonesia yang sudah memiliki hubungan persahabatan baik antar negara.

“Semoga itikad baik ini dapat diterima oleh MI Ma`arif 41 Tarbiyatul Islamiyah dengan cara merawat dan menggunakan fasilitas sekolah ini sebaik mungkin, sehingga bantuan ini dapat berkontribusi besar serta bermanfaat juga dalam jangka panjang bagi warga di daerah ini,” ujarnya lagi.

Sebelumnya dikatakan oleh Ketua Yayasan Ma`arif 41, Mukidi lbahwa bantuan yang diterima pihaknya sebesar Rp 994.180.000 yang diwujudkan pembangunan 5 ruang kelas. pembangunan 1 perpustakaan serta pengadaan meubeler kelas dan perpustakaan seperti kursi siswa, papan tulis, meja dan kursi guru.

Pada acara peresmian ini dihadiri oleh Asisten Ekbang Pemkab Jember, Slamet Urip yang mewakili Bupati, Kepala Kemenag Jember, M Fachrur Rozi serta Muspika Wuluhan dan wali murid. (atiek)

post-top-smn

Baca berita terkait