Friday, 25 May 2018

Pemerintah Dukung Gerakan Earth Hour 2016

post-top-smn
Kegiatan Earth Hour di pusatkan di Monumen SLG

Kegiatan Earth Hour di pusatkan di Monumen SLG

Kediri, SMN – Pemkab Kediri kembali melaksanakan kegiatan Earth Hour 2016. Pelaksanaan Earth Hour 2016 di Kabupaten Kediri dipusatkan di Monumen SLG (Simpang Lima Gumul) Kabupaten Kediri. Kegiatan Earth Hour yang dilaksanakan Sabtu (19/3) dengan cara mengajak masyakat untuk mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak sedang dipakai selama satu jam mulai pukul 20.30-21.30 WIB sebagai simbol kepedulian dan komitmen terhadap penurunan laju perubahan iklim.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Kediri, Koessetyanti saat mambacakan sambutan Bupati Kediri menyampaikan bahwa tujuan kegiatan Earth Hour adalah untuk membangun keterlibatan masyarakat luas dalam melakukan aksi kecil yang dapat membawa suatu perubahan besar untuk bumi ini. “Perubahan iklim ekstrim yang sedang terjadi saat ini salah satunya disebabkan oleh pemanasan global. Pemanasan global dapat menyebabkan naiknya  permukaan air laut, musim kemarau panjang, badai, dan perubahan besar-besaran terhadap lingkungan yang menjadi tempat hidup kita”, tegasnya.

Kegiatan yang dimulai pukul 19.00-22.00 WIB ini juga menghadirkan beberapa pertunjukan dari pelajar SMP dan SMA dari Kabupaten Kediri, misalnya tari tradisional, modern dance, teater, band akustik dan vokal grup. Tepat pukul 20.30-21.30 dilaksanakan switch off atau mematikan lampu dan seketika SLG yang menjadi ikon Earth Hour 2016, awalnya terang  menjadi gelap.

SLG ketika lampu dimatikan (switch off), kampanye earth hour dimulai

SLG ketika lampu dimatikan (switch off), kampanye earth hour dimulai

Perlu dikertahui bahwa Earth Hour adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya. Kegiatan ini berupa pemadaman lampu yang tidak diperlukan di rumah dan perkantoran selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya tindakan serius menghadapi perubahan iklim.

Kegiatan yang dicetuskan WWF dan Leo Burnett ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007. Saat itu, 2,2 juta penduduk Sydney berpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak diperlukan. Setelah Sydney, beberapa kota di seluruh dunia ikut berpartisipasi pada Earth Hour 2008. Sedangkan tahun 2016 kegiatan ini dilaksakan pada tanggal 19 Maret 2016 dengan mematikan listrik mulai pukul 20.30-21.30 waktu setempat. (hms/adv/kan)

post-top-smn

Baca berita terkait