Tuesday, 22 January 2019

Pemerintah Desa Buluharjo Gelar Musdes LKPJ 2018

post-top-smn

Musyawarah Desa Buluharjo Kecamatan Plaosan, Jumat (11/1)

Magetan, suaramedianasional.co.id  – Pemerintah Desa Buluharjo, Kecamatan Plaosan, mengadakan Musyawarah Desa  (Musdes) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2019. Musdes tersebut dilakukan Jumat (11/01) di Balai Pertemuan Desa Buluharjo dengan dihadiri lembaga desa seperti BPD, LPM, Perangkat Desa, Camat Plaosan, Kapolsek dan Danramil Plaosan serta tokoh-tokoh masyarakat.

Kepala Desa Buluharjo, Mulyono, dalam sambutannya mengatakan bahwa Musyawarah Desa ini sebagai bentuk transparansi pemerintah  desa pada masyarakat atas penggunaan dana dalam satu tahun anggaran. “Ini merupakan bentuk tanggung jawab dan transparansi kami dalam penggunnan dana pada masyarakat,” ujar Mulyono.

Musyawarah dilanjutkan dengan pemaparan dan uraian meliputi pendapatan desa dan belanja bidang penyelenggaraan pembangunan infrastruktur, yang akan dilaksanakan tahun 2019. Pada tahun 2019 ini,  kekuatan APBDes Buluharjo lebih dari Rp 1,5 miliar, bersumber dari  pendapatan desa Rp. 186 juta, usaha desa Rp. 154 juta, pendapatan transfer dari pusat sekitar Rp. 1,3 M yang terinci untuk Dana Desa (DD) sebesar Rp 800 juta dan Alokasi Dana Desa (ADD) Rp. 526 juta.

Sebelumnya, telah dilakukan laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan APBDes tahun 2018, dilanjutkan dengan pemaparan RAPBDES tahun 2019 untuk kemudian disetujui dan ditetapkan bersama oleh BPD yang diketuai Djono.

Usai penetapan APBDes 2019,  Camat Plaosan,  Edy Suntoro, menegaskan bahwa pertanggungjawaban kepala desa adalah kepada Bupati Magetan. Dia pun berpesan agar di tahun politik, kades dan perangkat desa tetap menjaga keamanan dan kondusifnya wilayah serta mendukung pelaksanaan Pemilu agar damai dan lancar baik itu di Desa Buluharjo maupun di seluruh wilayah Kecamatan Plaosan. (sal)

post-top-smn

Baca berita terkait