Tuesday, 12 December 2017

PDBI Kota Kediri Sukses Gelar Festival

post-top-smn

Kediri Drum Band

Foto: Salah satu peserta Festival Drum Band yang diadakan PDBI Kota Kediri

Kediri, SMN – PDBI Kota Kediri sukses menggelar Festival Drum Band tanggal 24-25 Januari kemarin. Cuaca cerah sangat merndukung. Antusias tinggi ditunjukkan oleh satuan drumband yang berpangkalan disekolah mulai dari TK sd SMA, terbukti 40 satuan drumband terdaftar mengikuti festival tersebut.

Dalam kesempatan ini tampak hadir Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar, SE. Mas Abu terlihat terkesima melihat kepiawaian anak-anak, terutama anak-anak SD dengan tiupan terompet yang sempurna. Sesekali Walikota menyambut dengan tepuk tangan dan menyatakan keren.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, PDBI Kota Kediri mengadakan 2 kategori lomba drumband yakni lomba kirap atau parade dan lomba unjuk gelar. Untuk kategori Kirab atau parade menonjolkan kemampuan berbaris sambil memainkan alat musik, hal ini mengharuskan atlet berkonsentrasi ganda, tepat gerakan kaki dan tepat membawakan lagu. Sedangkan unjuk gelar merupakan bentuk pertunjukkan dengan lagu andalan dan koreografi serta konsentrasi mengikuti aba-aba gitapati dan paramanandi.

Setiap satuan memainkan beberapa lagu dengan aransemen yang berbeda-beda. Jarak tempuh kirab dibagi 2 kategori. Untuk TK dari markas Tepbek TNI-AD Jl. Hayamwuruk, sedangkan SD sd SMA berawal dari selatan stadion Brawijaya Jl. Pahlawan Kusuma Bangsa berakhir di halaman Balaikota.

Dewan juri menilai dari beberapa criteria diantaranya, Gitapati (pemimpin/pengendali anggota satuan keseluruhan, Paramanandi (pemimpin dari bagian instrumen music, Koreografi (kemampuan menciptakan varian dalam gerak dan formasi barisan), Analisa Musik (kemampuan mengaransemen lagu), Gerenal Effect (total dampak dari keseluruhan permainan), dan Colour Guard (kemampuan kreasi dan variasi permainan bendera dan alat pendukung lain yang membuat tampilan lebih dinamis)

Kegiatan ini selain untuk memberikan hiburan masyarakat Kediri, juga merupakan ajang pembinaan dan peningkatan prestasi atlet drumband Kota Kediri. Mas Abu berharap kegiatan seperti ini digelar lebih besar dan spektakukler. Bagi pengurus PDBI, harapan Walikota itu tantangan Agus Suharmaji S.Pd. MM selaku ketua Harian PDBI Kota Kediri menyatakan siap untuk menggelar event seperti ini dalam skala yang lebih besar. (kan)

post-top-smn

Baca berita terkait