Saturday, 17 November 2018

Parkir Dirambu Larangan, Bus Akan Ditindak Tilang

post-top-smn

Lumajang, SMN – Salah satu upaya untuk mengurai kepadatan lalu lintas di sekitar terminal Minak Koncar Lumajang, Propinsi Jawa Timur, Satlantas Polres Lumajang gelar giat sosialisasi.
Hal itu memprediksi puncak kepadatan lalu lintas yang setiap harinya melalui jalur Lumajang Jember.
Menurut Kasat Lantas Polres Lumajang, AKP Hendry Ibnu Hendarto SH SIK menjelaskan jika giat tersebut agar tidak terjadi kemacetan.
“Kami dari pihak kepolisian sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lumajang, untuk tidak memperbolehkan mobil atau bus parkir sembarangan apalagi di depan terminal Minak Koncar Lumajang,” jelasnya tadi pagi.
Sebenarnya, kata AKP Hendry, jika ada mobil atau bus yang parkir di depan terminal Minak Koncar akan terjadi penyempitan jalan.
“Dan disitu ada rambu larangan loh. Harusnya sebagai pengendara wajib mentaati hal itu, sebab kesadaran pengemudi akan menyebabkan keselamatan di kedua belah pihak,” urainya.
Sebenarnya bus itu hanya diperbolehkan untuk menaikan dan menurunkan penumpang saja dan tidak berhenti atau parkir sembarang. Terlebih kalau bus itu akan mengganggu jalannya lalu lintas.
“Kalau berhenti ditempat yang ada rambu larangan, maka akan kami tilang. Jadi penumpang di-drop di dalam terminal, kemudian bus parkir di tempat selayaknya yang sudah di sediakan,” ujar mantan Kanit Laka Polrestabes Surabaya ini.
AKP Hendry menegaskan kalau pihaknya akan menindak tegas bagi pengendara bus atau mobil yang bandel dan parkir sembarangan.
“Sebagai langkah untuk mengurai kemacetan, kami Satlantas Polres Lumajang juga menempatkan personel penjagaan,” tambahnya.
Kasat Lantas Polres Lumajang, sudah merintahkan Kanit Turjawali, jika ada yang susah diatur maka untuk ditindak tilang.
“Yang jelas giat tersebut untuk penertiban bus. Sudah kita perintahkan jajaran lalu lintas untuk konsisten menindak,” imbuhnya.
Sementara itu, Kepala Dishub Kabupaten Lumajang, Sugeng Prayitno saat dimintai keterangan atas giat yang dilakukan pihak Satlantas Polres Lumajang, sangat membantu pihaknya dalam menindak sopir yang membandel.
Kata Sugeng sudah ada peringatan dan himbauan sudah sering dilakukan. Baik dari Satlantas maupun Dishub. Jadi yang dilakukan Satlantas itu sebagaimana Rapat Koordinasi beberapa hari lalu.
“Kan rambu rambu sudah ada. Jelas kok. Jika melanggar ketentuan, ya harus ditindak, mas,” katanya.
Sehingga kedepan, menurut Sugeng, pengendara bisa lebih tertib dan tidak mengganggu pengguna jalan yang lain. (atk)

post-top-smn

Baca berita terkait