Tuesday, 16 October 2018

Pangarmatim Pastikan Tidak Ada Anggota TNI AL Terlibat Pungli

post-top-smn
Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksama Muda TNI Darwanto

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksama Muda TNI Darwanto

SMN – Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksama Muda TNI Darwanto memastikan tidak ada anggotanya yang terlibat Pungutan Liar (Pungli).

“Sanksi sangat berat bagi anggota yang terbukti terlibat pungli, saya bisa pastikan sampai saat ini tidak ada anggota yang terlibat,” kata Pangarmatim usai pelantikan Komandan Lantamal V, di Mako Lantamal V Surabaya, Kamis (3/11).

Dikatakannya, salah satu tantangan yang harus dihadapi prajurit TNI AL adalah pungli, hal ini juga yang terus ditekankan Presiden Joko Widodo pada setiap kesempatan.  Prajurit TNI AL lanjut Pangarmatim setiap hari banyak yang bergaul dan bertugas di sekitar Pelabuhan yang memungkinkan terjadi praktik Pungli.”Permintaan bantuan pengamanan baik yang lewat jalur laut atau darat sangat membuka peluang untuk Pungli, kedisiplinan dan bentuk kerjasama yang jelas dan tertulis bisa memperkecil peluang oknum yang mau Pungli,” tuturnya.

Pangarmatim berharap pergantian Komandan Lantamal V, dari Brigadir Jenderal TNI Mar Rudy Andi Hamzah kepada Laksamana pertama TNI Edi Sucipto diharapkan mampu meningkatkan kedisiplinan dan kinerja prajurit.

“Kita gencarkan bagaimana komponen-komponen yang bekerja di laut menjadi bagian pertahanan TNI Angkatan Laut, karena kami tidak bisa berdiri sendiri tanpa bantuan  informasi dari komponen lain. Pengusaha-pengusaha perkapalan sebaiknya tidak bersatu dengan kita memberikan informasi kejadian-kejadian di laut sehingga langkah pengamanan bisa cepat,” katanya.

Meski prajurit TNI AL khususnya jajaran Lantamal V bisa melakukan tindakan terhadap aksi yang dapat menggangu stabilitas keamanan, Pangarmatim mengimbau jajarannya tetap harus melakukan kerjasama dengan kepolisian. “Semua tindakan pengamanan yang dilakukan harus sesuai aturan hukum, tidak boleh main hakim sendiri,” imbuhnya. (hjr/kom_jtm)

post-top-smn

Baca berita terkait