Monday, 24 June 2019

Pacu Semangat Memilih, Adakan Lomba Selfie Sampai Hias TPS

post-top-smn

TPS 06 Desa Dempel dihias dengan ornamen kayu.

Ngawi, suaramedianasional.co.id – Pemilu yang berlangsung 17 April 2019 membuat semua kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) memberikan kreatifitas terbaik mereka. Hal ini agar calon pemilih juga bersemangat memberikan hak suara mereka.

KPU Ngawi sendiri melakukan berbagai kiat untuk menambah semangat bagi pemilih menggunaka hak suara mereka. Diantaranya dengan mengadakan lomba selfi di TPS. Para pemilih yang usai menyalurkan hak suara mereka dapat berfoto selfie di TPS dan dilombakan dengan memperebutkan hadiah sampai jutaan rupiah.

Beberapa TPS di Ngawi berusaha keras untuk menata tempat mereka supaya menarik. Beberapa TPS di Ngawi juga dihias dengan menarik, bukan lagi sekadar menata meja tempat tunggu bagi calon pemilih yang menunggu antrian mencoblos. Di TPS 06 Desa Dempel Kecamatan Geneng misalnya, ornamen kayu menghiasi semua pitu masuk ke TPS. Sedangkan di TPS 06 Desa Karangbanyu Kecamatan Widodaren, mengambil tema Indonesia Mantu.

Menurut Hadi Suradinata anggota Karang Taruna di Desa Karangbanyu, tema Indonesia Mantu ini diharapkan membawa semangat bagi warga untuk datang ke TPS. “Ini juga sesuai dengan adat di Indonesia, ketika ada yang punya hajat maka semua orang akan datang,” katanya.

Konsep Indonesia Mantu ini karena 17 April 2019 Indonesia juga memilik hajat besaryakni memilih wakil-wakil di DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI dan DPD serta presiden. Sebagaimana adat di desa-desa, warga akan datang ke tempat orang mantu untuk menyumbang. “Kami berharap hal ini akan bisa menarik warga dan mereka juga bersemangat ke TPS untuk menyumbangkan suara mereka, memilih dan memastikan suaranya sah,” ujar Hadi.

Cara menghias TPS ala orang mantu ini juga dilengkapi dengan memasang janur dan bunga-bunga. Pemasangan hiasan janur dilakukan dari sejak ujung jalan masuk sampai ke lokasi TPS. Walau sederhana namun ide ini tenyata menjadikan TPS tersebut lain daripada yang lain dan menarik perhatian. (ari)

post-top-smn

Baca berita terkait