Monday, 17 December 2018

Operasi Zebra 2017, Polisi di Jombang ‘Incar’ Pelajar

post-top-smn

Pelaksanaan operasi Zebra 2017 hari pertama di Kabupaten Jombang, Rabu (1/11/2017).

Jombang, SMN – Polres Jombang akan bertindak tegas terhadap pelajar dan pengendara motor di bawah umur. Tindakan tegas itu bakal diterapkan selama operasi Zebra 2017 yang dilaksanakan mulai hari ini (1/11/2017) hingga dua minggu ke depan.

Wakapolres Jombang, Kompol Edith Yuswo Widodo, mengatakan, selama Operasi Zebra itu, pelajar dan anak di bawah umur, akan menjadi sasaran khusus petugas.

Sebab, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, korban kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak di bawah umur cenderung tinggi jika dibandingkan dengan korban usia dewasa.

“Tadi kami sudah katakan, kecelakaan terutama siswa SD, SMP maupun SMA itu cenderung meningkat. Sehingga kami akan fokus pada penegakan hukum berupa tilang kepada siswa. Ini sekaligus sosialisasi sambil berjalan,” kata Edith usai apel menandai Operasi Zebra, Rabu (1/11/17).

Edith Yuswo Widodo, menjelaskan, polisi juga bakal menerapkan sistem e-tilang dengan persentase penindakan hukum 60 persen. Selebihnya, petugas akan melakukan tindakan preventif.

Sasarannya pelanggaran marka jalan, rambu lalu lintas, batas kecepatan maupun Surat Izin Mengemudi (SIM) dan kelengkapan surat-surat kendaraan lainya.

Sedangkan sistem operasinya dengan cara mobile secara gabungan dengan beberapa instansi lain. Di antaranya Dinas Perhubungan dan TNI. Selama itu, petugas akan melakukan tindakan tegas terhadap segala pelanggaran yang berpotensi memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Sehingga, angka kecelakaan bisa ditekan seminimal mungkin,” kata Edith.(syam)

post-top-smn

Baca berita terkait