Tuesday, 16 October 2018

Operasi Zebra 2016 Digelar Mulai Hari Ini, 16 November 2016

post-top-smn
Ilustrasi

Ilustrasi

SMN Operasi Zebra serentak di Indonesia mulai digelar hari ini Rabu 16 November 2016. Kepolisian dari Satuan Lalulintas di Indonesia sudah bersiap-siap untuk melakukan operasi di sejumlah titik yang sering terjadi pelanggaran.

Bersiap melaksanakan Operasi Zebra 2016, Polres Malang Kota menggelar apel pagi ini. Kepala Sub Bagian Humas Polres Malang Kota, AKP Nunung Anggraeni mengatakan operasi ini adalah operasi kepatuhan lalu lintas.

Adappun tujuan dilakukan operasi serentak di Indonesia adalah supaya masyarakat tertib lalu lintas dan mematuhi rambu lalu lintas. Dengan demikian maka bisa meminimalisir angka kecelakaan di jalan raya.

Kepala Sub Bagian Humas Polres Malang, AKP Dyan Vicky menuturkan Operasi Zebra digelar serentak nasional mulai hari ini. Dyan Vicky menyebut pelaksanaan itu sesuai dengan arahan Mabes Polri.

Sebelumnya telah diberitakan Operasi Zebra 2016 yang digelar serentak di Indonesia mulai hari ini 16 November hingga 29 November 2016 akan memeriksa kelengkapan kendaraan. Kelengkapan yang dimaksud seperti kelengkapan STNK, SIM dan kelengkapan kendaraan helm maupun lainnya.

Jika pengendara yang terjaring operasi namun tidak memiliki kelengkapan kendaraan maka petugas akan langsung melakukan tilang sesuai dengan prosedur. Operasi mulai dilakukan pukul 06.00 WIB hingga petang menjelang malam hari sekitar pukul 18.00 WIB.

Jika petugas selama ini menggunakan sistem stationer atau membuat stasiun atau pos tempat pemeriksaan kelengkapan kendaraan, pada razia dengan sandi Operasi Zebra 2016 ini akan menerapkan sistem operasi hunting atau patroli. Jadi petugas polisi di lapangan akan melakukan hunting menggunakan motor untuk efektifitas proses operasi.

Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan, Kombes Frans Barung Mangera menilai sistem operasi hunting dinilai ampuh karena polisi telah mempelajari pengendara yang sering melarikan diri jika tahu ada sweeping kendaraan. Barung menyebut anggota kepolisian akan bergerak melihat potensi kecelakaan termasuk pengendara yang tidak memakai helm, berboncengan tiga dan memeriksa surat-surat.

post-top-smn

Baca berita terkait