Friday, 24 May 2019

Musim Kampanye, Pelanggaran Terbanyak Adalah Pemasangan APK

post-top-smn

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lamongan terus melakukan pengawasan dan penertiban alat peraga kampanye (APK).

Lamongan, suaramedianasional.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lamongan terus melakukan pengawasan dan penertiban alat peraga kampanye (APK). Hal ini lantaran banyaknya indikasi pelanggaran terutama dalam pemasangan APK Peanggaran yang paling marak terjadi adalah APK calon anggota legislatif.

Beberapa pelanggaran yang mencolok misalnya pemasangan di tempat-tempat yang tidak diperbolehkan. Selain itu juga pemasangan APK caleg dengan dipaku di pepohonan. “Pemasangan di dekat lembaga pendidikan, di dekat tempat ibadah dan dipaku di pohon kan sudah jelas melanggar, namun masih saja kami temukan,” ujar Sanawar, Ketua Panwaslu Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jumat (30/11).

Agar dapat mengantisipasi berbagai pelanggaran oleh caleg ataupun parpol, Panwaslu akan melakukan pantauan rutin. Sanawar bahkan menyatakan, pihaknya akan melakukan pantauan rutin itu setiap satu minggu sekali. Hal ini agar tim sukses atau caleg-calegnya dapat lebih mematuhi aturan terkait pemasangan APK sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” harapnya.

Pelanggaran yang terjadi di Kecamatan Lamongan terkait pemasangan APK, menurut Sanawar terhitung banyak. Pihaknya sudah melakukan sosialisasi dan koordinasi, terutama agar APK yang masuk dalam kategori melanggar diturunkan sendiri oleh sang caleg. “Namun ya banyak yang bandel, jadi ke depan, pelanggaran akan kami data dan kai teruskan ke Bawaslu Kabupaten Lamongan,” ujarnya. (abq)

post-top-smn

Baca berita terkait