Tuesday, 25 June 2019

Mirip Kubangan Kerbau, Jalanan di Kuta Buluh Diprotes Warga

post-top-smn

Jalan ke desa ini selain bergelombang, juga berlubang besar.

Karo, suaramedianasional.co.idJalan di Kuta Buluh dikeluhkan warga. Ini terutama untuk jalan yang menuju ke Desa Buah Raya. Jalan ke desa ini selain bergelombang, juga berlubang besar. Hal ini menimbulkan keresahan masyarakat karena musim penghujan sudah menjelang. “Pengalaman yang sudah-sudah, lubang jalan tertutup air, mirip kubangan kerbau saja itu jalanan,” kata Parlindungan Perangin-angin, Kepala Desa Buah Raya.

Jalan itu vital bagi masyarakat desa karena menjadi jalur angkutan pertanian dan perdagangan dari dan ke desa tersebut. Parlindungan Perangin-angin mengatakan sudah beberapa kali pihak aparat desa mengeluh dan mengusulkan ahar Pemerintah Kabupaten Karo membangun jalan tersebut. “Kami ingin Dinas PUPR Kabupaten Karo bisa turun langsung dan melihatnya,” katanya.

Dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) jalan menuju Desa Kuta Buluh ini selalu dikeluhkan masyarakat namun belum ada tindak lanjut sampai sekarang. “Saat ada reses anggota dewan pun kami usulkan namun sampai sekarang belum ada tanda-tanda untuk diperbaiki, nanti saat musim hujan pasti jadi kubangan lagi,” katanya.

Selain rusaknya jalan, sistem drainase di ruas jalan ini juga tidak berfungsi. Inilah yang membuat aliran air tak lancar, genangan air dapat mencapai tinggi setara lutut orang dewasa. Jalan raya yang berada sekitar 100 meter dari simpang tiga Kerenda ini juga tak jarang membuat kendaraan roda dua maupun empat kandas tak dapat melaju.

Menurut Untung, salah satu warga Kuta Buluh yang bekerja sebagai petani kopi, dia sangat dirugikan dengan adanya jalan rusak tersebut. Untung meminta segera ada perhatian atas kondisi jalan-jalan di Kuta Buluh. Banyaknya jalan rusak menurut dia menunjukkan kinerja pemerintah tidak maksimal. Apalagi kondisi Kuta Buluh terkait infrastrukturnya, masih banyak yang memprihatinkan. “Ini menunjukkan belum meratanya pembangunan di Kabupaten Karo, jalan itu terakses langsung dengan kepentingan masyarakat kecil seperti saya ini, jadi tolonglah segera disikapi,” ujar Untung. (ius)

post-top-smn

Baca berita terkait