Tuesday, 14 August 2018

MENURUT BUPATI, MAKANAN KHAS LUMAJANG, TELO, PISANG, SAYUR DAN TERONG, BANYAK MANFAATNYA

post-top-smn

Bupati dan wakil bupati saat peresmian gedung dinas koperasi.

LUMAJANG, SMN – Bupati Lumajang, Drs H As’at MAg, membuka bulan promosi gebyar UMKM, sekaligus meresmikan gedung dinas koperasi dan usaha mikro kabupaten Lumajang.
Dalam sambutannya, Bupati mengatakan  kalau masyarakat Lumajang, tidak usah malu dan gengsi makan makanan khas asli Lumajang, seperti ketela (telo), pisang, sayur, dan terong, karena itu banyak sekali manfaatnya. Bulan Promosi itu dalam rangka Hari jadi Koperasi Nasional ke -71 Kab Lumajang, dan dilaksanakan di Kantor Dinas Koperasi dan UM.
“Makanan hasil pertanian Lumajang baik bagi masyarakat, dan kita harus berbangga, karena hal itu, kita bisa menghidupkan konsumsi kita sendri,” kata Bupati Lumajang.
Bupati Lumajang juga menyampaikan, mengenai produksi usaha Mikro dan percepatan pembangunan Ekonomi.                      
“Apabila produksi usaha mikro bisa dilaksanakan dengan baik, serta terbangun bagus, maka hal ini akan menghasilkan produk yang unggul,” ungkapnya.
Menurut Bupati, apabila produknya unggul, maka dapat di manfaatkan dan dapat dinikmati oleh masyarakat Lumajang, dan perkembangan ekonomi bisa berjalan dengan lancar.
“Itu bisa membawa pendapatan ekonomi yang luar biasa,” jelasnya lagi.
Dalam kesempatan itu pula, Bupati Lumajang juga menyerahkan 9 penghargaan koperasi dan usaha mikro terbaik tahun 2018. Penghargaan tersebut terdiri dari Kategori koperasi terbaik tahun 2018 jenis KSPPS yaitu, KSPPS Al – Hidayah Tanjung Jaya Desa Munder – Yosowilangun. Kategori Jenis KPRI adalah KPRI Pangudi Luhur – RSU Lumajang. Untuk jenis KSP adalah KSP Shakinah – Lumajang. Untuk jenis KUD, yaitu, KUD Tani Makmur Kandang Tepus – Senduro. Sedangkan jenis Koperasi Wanita dari KOPWAN Mandiri Pundungsari – Tempursari. Jenis Koperasi Siswa beradal dari Koperasi siswa  MAN Lumajang. Dan Kategori Usaha Mikro terbaik 1 adalah Andaku Kelurahan Citrodiwangsan. Kategori Usaha Mikro terbaik II, yaitu KUD Makmur Sentul – Sumbersuko. Sedangkan, Usaha Mikro terbaik III, diraih Sekarwangi Craff Bambu Jatisari -Tempeh / Wiwik Astutik.
Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Lumajang, Majid pada acara itu juga ikut melaporkan, maksud dan tujuan kegiatan tersebut, yaitu  untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi usaha Mikro yang tersebar di 21 kecamatan, agar dapat mempromosikan produknya kepada masyarakat. Menurut Majid, hal itu juga sekaligus untuk meresmikan Gedung baru Dinas Koperasi dan usaha Mikro Kabupaten Lumajang. Di Akhir acara Bupati Lumajang didampingi Wakil Bupati menandatangani prasasti, sekaligus  meninjau Gedung Dinas Koperasi dan Usaha Mikro  yang baru diresmikan. (Atk)

post-top-smn

Baca berita terkait