Wednesday, 17 October 2018

MASA DEPAN LUMAJANG, KAJIAN DASAR PEMBANGUNAN DAERAH

post-top-smn

LUMAJANG, SMN – Dalam acara seminar dan bedah buku, menurut H Rofik SH MH, mengatakan bahwa perbaikan infrastruktur, mulai bangunan atau jalan, dapat mendongkrak perekonomian suatu daerah.

Hal itu disampaikan beliau saat acara seminar dan bedah buku mengupas “Masa Depan Kabupaten Lumajang, Kajian Dasar Pembangunan Daerah”, pada Minggu (13/5).

Buku yang berisi data informasi ini, menurut Rofik adalah sebuah hal yang patut dan sangat penting untuk diketahui semua lapisan masyarakat Kabupaten Lumajang.

Dikatakan Rofik, jika didalam bukunya tersebut, banyak berisi kata-kata ilmiah yang kurang dipahami oleh banyak orang.

“Perbaikan infrastruktur itu yang menjadikan prioritas dalam pembangunan Lumajang, terkait dengan sumber daya manusianya (SDM),” jelasnya kepada sejumlah media.

Masih menurut Rofik, perbaikan SDM sangat menunjang peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) / Human Development Index (HDI), yang menyangkut dari segala aspek.

“IPM adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup untuk semua negara di seluruh dunia. Jika hal itu ditingkatkan, maka semua akan mengikuti perbaikan dalam pembangunan,” paparnya.

Rofik juga mengatakan bahwa, dia menulis buku tersebut semasa dirinya masih menjabat sebagai anggota DPRD Propinsi Jatim. Dia juga mengutarakan bahwa pertumbuhan dan pendapatan per kapita, di kabupaten Lumajang masih rendah.

“Potensi Kabupaten Lumajang ini sangat besar, seperti sektor pariwisata, namun kenapa masih ada sekitar 300.000 warga yang hidupnya masih miskin,” bebernya.
Dikatakan pula oleh Rofik, hal itu dikarenakan ada yang keliru terkait tata kelolanya.

Disisi lain, Ir. Nurul Huda juga memberikan tanggapan dalam seminar tersebut.

“BPS nya rendah, pendidikan rendah, kesehatan dan daya belinya rendah, sumber daya nya rendah, karena itu Kabupaten Lumajang 80 persen berada pada zona merah,” pungkasnya. (Atk)

post-top-smn

Baca berita terkait