Saturday, 15 December 2018

Mahasiswa Universitas Subang Kunjungi Puskesmas Tarik

post-top-smn

Petugas Puskesmas Tarik paparkan tentang inovasi pelayanan publik kepada
Mahasiswa Fakultas ilmu Administrasi Universitas Subang Jawa Barat.

Sidoarjo, suaramedianasional.co.id – Sebanyak 33 mahasiswa Universitas Subang Melakukan Riset dan Program studi Pelayanan Publik di Sidoarjo. Riset Dan Praktek Program Studi Administrasi publik kali ini mengunjungi Puskesmas Tarik, yang memiliki inovasi untuk pelayanan publik, Rabu (5/11). Puskesmas Tarik
 memiliki inovasi pelayanan publik
berupa Sistem Information Antrian Puskesmas Tarik (SIAP Tarik). Inovasi yang di luncurkan ini
  sangat baik hingga banyak mendapatkan perhatian dari Pemerintahan Daerah Kabupaten Sidoarjo.
Kepala Puskesmas Tarik, Hinu Sulistijorini Ririn, menjelaskan kepada para mahasiswa Subang  bahwa inovasi aplikasi SIAP Tarik merupakan bentuk inovasi pelayanan publik yang bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan antrian pasien melalui system SMS.
“Saat ini jumlah pasien yang antri di Puskesmas berkurang, mereka bisa menunggu antrian dari rumah masing-masing, dengan system SIAP Tarik pasien sudah tahu berapa nomer antriannya, sekarang ruang pelayanan sudah tidak lagi sesak orang” terang Hinu.
Implementasi aplikasi SIAP Tarik,akan menjadi rekomendasi sebagai inovasi pelayanan publik yang nantinya dijadikan percontohan. “Hal yang paling penting, inovasi pelayanan publik harus membantu dan mempermudah pelayanan langsung kepada masyarakat”, ujarnya.
Kegiatan riset ini, dengan mengambil tema”Membangun Sektor Publik Inovatif”,  diharapkan mampu mendidik dan menjembatani mahasiswa sebagai bentuk latihan dalam kegiatan skripsi mendatang.
Harapannya, hasil pemotretan mahasiswa dan dosen yang mengikuti kegiatan ini bisa disandingkan dengan kebijakan – kebijakan pemerintahan daerah yang ada di Subang. “Hasilnya nanti akan kita exsplor untuk melakukan pengumpulan data dengan Dinas terkait sudah tentu harus dimanfaatkan sebaik mungkin dan semaksimal mungkin,” tutur Nuraida Ketua Prodi Administrasi Fakultas ilmu Administrasi Universitas Subang. (try)
post-top-smn

Baca berita terkait