Sunday, 21 October 2018

“Mahasiswa Pengusaha’ ITS Raih Dua Penghargaan

post-top-smn

logo-its Malang, SMN –  Dua penghargaan sekaligus diraih “Mahasiswa Pengusaha” Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dalam ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) yang digelar Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemeristekdikti) RI di Universitas Brawijaya, Malang, pada 16-19 November 2016 lalu.

Dosen dari Departemen Manajemen Binis ITS, Berto Mulya Wibawa pada siaran persnya mengatakan, dua penghargaan itu masing-masing sebagai juara pertama kategori stand terbaik dan juara dua kategori industri kreatif dan jasa yang diraih tim Pickyourmood.

“Alhamdulillah selain terpilih sebagai stand terbaik mengalahkan 80 lebih perguruan tinggi yang ikut, dalam ajang itu kami juga berhasil meraih omzet penjualan sebesar Rp 3,5 juta, di mana penjualan tertinggi diraih oleh tim Pickyourmood,” jelas Berto sekaligus sebagai pembimbing dalam kegiatan KMI di Malang.

Dikatakannya, ada tujuh tim yang disiapkan  ITS dalam ajang KMI itu, antara lain adalah Pickyourmood, Gebox, Ikon, Minibites,  3D Recase, Wahana Cat Playground, dan Dusdukduk. Dua terakhir tercatat sebagai alumni ITS yang telah berhasil mengembangkan usahanya menjadi mandiri.

“Untuk kelima tim yang masih tercatat sebagai mahasiswa ITS, dan lolos dalam ajang KMI, pihak kementerian (Kemenristekdikti, red) memberikan bantuan dana sebesar Rp 15 juta per tim,” kata Direktur Kemahasiswaan ITS, Dr Darmaji.

Sementara Rachmawati Cahayaningsih, mahasiswa yang mengenalkan produk Pickyourmood mengatakan, ajang KMI adalah salah satu bagian dari pembuktian terhadap produk yang ditawarkan memang disukai konsumen

“Kami berharap melalui kegiatan ini kami bisa membuktikan kepada publik bahwa produk yang kami tawarkan memang dicari dan dibutuhkan masyarakat, terutama pada pasar yang kami bidik yakni anak-anak muda,” kata mahasiswi Departemen Teknik Sipil yang telah merintis usahanya sejak setahun lalu..

Rachma, begitu ia biasa dipanggil, mencoba menawarkan produk alat tulisan dan kebutuhan belajar lainnya, seperti dompet serta aksesoris  lainnya untuk kelompok usia remaja, dengan desain dipilih dan ditentukan oleh si pembeli.

“Kami menyadari kelompok anak remaja senang sesuatu yang unik dan antik, karena itu kami mencoba memenuhi kebutuhan mereka baik sekadar untuk koleksi atau sebagai kado teman mereka. Desain dasarnya kami siapkan, tapi tidak menutup kemungkinan konsumen yang akan mengkreasi sendiri apa yang ia pesan,”terangnya.(ern/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait