Sunday, 18 November 2018

Lumajang Gratiskan Biaya Persalinan

post-top-smn

Pemkab Lumajang, menggratiskan biaya persalinan di rumah sakit.

Lumajang, suaramedianasional.co.id – Wanita hamil di Lumajang, tak usah lagi khawatir dengan biaya persalinan. Pemkab Lumajang, menggratiskan biaya persalinan di rumah sakit, hal ini ditandai dengan perjanjian kerjasama empat rumah sakit swasta di Lumajang dengan Pemkab, MoU ditandatangani Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, dengan RS Jatiroto, RS Bhayangkara, RS Islam dan RS Wijaya Kusuma. “Langkah ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Pemkab dan upaya menekan kematian ibu melahirkan,” kata Cak Thoriq, sapaan akrabnya.

Penandatanganan itu dilakukan bertepatan dengan Semina Orientasi Program Indonesia Sehat dengan pendekatan Keluarga (PIS-PK) di Gedung dr. Soedjono, Kamis (8/11).

Selain menandatangani MoU tentang persalinan gratis, Cak Thoriq juga menjanjikan beberapa hal yang akan dia perbuat untuk rakyat. Termasuk, meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya. Cak Thoriq juga mempersilaian masyarakat memberi kritik, saran dan keluhan di media sosial.

“Kami harus responsif terhadap semua keluhan masyarakat, apalagi di media sosial, medsos pun dapat menjadi akses masyarakat untuk menyampaikan aspirasi  apa saja,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Layanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, Rina Dwi Astuti, melaporkan PIS-PK merupakan salah satu bentuk strategi pembangunan kesehatan yang dimulai dari keluarga yang sehat.
Ia menjelaskan, tujuan seminar tersebut untuk membangun komitmen para tenaga kesehatan dalam pelaksanaan PIS-PK, memperoleh dukungan pemerintah maupun swasta. Di samping itu, juga bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. “Kami berharap seluruh stake holder dapat berpartisipasi dan turut serta menyukseskan PIS-PK,” pungkasnya.

Rina mengatakan, bahwa program persalinan gratis yang sudah mulai dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Lumajang berdampak signifikan, yaitu untuk menekan angka kematian ibu melahirkan. (Tik)

post-top-smn

Baca berita terkait