Thursday, 16 August 2018

LUMAJANG BERGEJOLAK LAGI, BUPATI AS’AT BATALKAN SK PLT BUPATI TERKAIT PENCOPOTAN SEKDA DAN DUA ASN

post-top-smn

LUMAJANG, SMN – Bupati As’at Malik mencabut SK PLT Bupati Lumajang, dr Buntaran Suprianto, terkait pencopoton tiga ASN, yang ditandatangani pada tanggal 22 Juni kemarin. SK yang hanya berusia 3 hari ini, dibatalkan Bupati Lumajang As’at Malik pada Minggu (25/6) sore tadi.

Dengan pencabutan ini, maka jabatan Sekda Lumajang Drs. Gawat Sudarmanto, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Drs. Nurwakid Ali Yusron dan Kepala Inspektorat Isnugroho S.Sos, dipulihkan kembali kepada jabatannya semula.

Padahal ketiga pejabat penting di Pemkab Lumajang tersebut belum sempat menduduki jabatan barunya, setelah dicopot dari jabatannya, tapi sudah kembali menjabat seperti kedudukan semula.

Bupati Lumajang H. As’at Malik, menggelar konfrensi pers setelah kembali aktif dan berakhir masa cuti kampanye jelang Pilkada Lumajang, konfrensi pers dilakukan di Pendopo Kabupaten Lumajang.

As’at hanya mengenakan sarung dan berkopyah, saat menggelar jumpa pers, dia didampingi oleh ketiga pejabat yang mendapatkan sangsi pencopotan tersebut.

“Surat keputusan Plt Bupati Lumajang Nomor : 800/743/427.1/2018 tentang Hukuman Disiplin berupa pembebasan dari jabatan kepada tiga orang yakni Sekda Lumajang Drs. Gawat Sudarmanto, Kepala Inspektorat Isnugroho S.Sos dan Kepala BKD Drs. Nurwakid Ali Yusron, saya batalkan, saya cabut dan tidak berlaku lagi karena melampaui wewenang yang saya berikan, sebagaimana surat perintah saya,” kata As’at Malik di hadapan sejumlah wartawan cetak dan elektronik.

Dengan pencabutan SK tersebut, maka ketiga pejabat yang mendapat sangsi, mulai hari ini dan selanjutnya akan kembali menempati tugasnya seperti sebelum mendapatkan sangsi dari Plt Bupati Lumajang dr. Buntaran Supriyanto.

Usai memberikan penjelasan terhadap keputusannya tersebut, Bupati Lumajang H. As’at Malik langsung mengajak makan siang sejumlah wartawan yang hadir dan menolak untuk melakukan wawancara dengan wartawan.

“Kan sudah jelas semuanya, dan lembarannya sudah teman-teman pegang. Itu sama seperti yang saya sampaikan,” kata As’at Malik sembari melangkah ke sisi timur pendopo bupati.

Sementara sejumlah pejabat Pemkab Lumajang yang mendampingi Bupati Lumajang As’at Malik satu persatu meninggalkan pendopo, termasuk Sekda Lumajang Drs. Gawat Sudarmanto.

Pembatalan SK Plt Bupati Lumajang tampaknya akan semakin memperjelas kepada publik akan renggangnya hubungan antara Bupati Lumajang H. As’at Malik dengan Wakil Bupati Lumajang dr. Buntaran Supriyanto yang kabarnya belakangan makin kurang harmonis.

Hingga berita ini kami turunkan, kami belum memperoleh konfirmasi dari Wakil Bupati Lumajang yang sebelumnya menjabat sebagai Plt, terkait pembatalan SK-nya oleh Bupati Lumajang H. As’at Malik.

Pilkada kurang beberapa hari lagi, tapi suhu politik dilumajang semakin memanas, kita tunggu saja, bagaimana akhir dari kasus ini. (Atk)

post-top-smn

Baca berita terkait