Saturday, 17 November 2018

Lokasi-Lokasi Wisata Andalan Ngawi Memprihatinkan

post-top-smn
Benteng Pendhem, saat hujan bau  kotoran brung sangat menyengat

Benteng Pendhem, saat hujan bau kotoran burung sangat menyengat

Ngawi, SMN – Walaupun menobatkan bahwa tahun ini adalah tahun kunjungan wisata, namun kondisi sarana pra sarana di berbagai lokasi yang menjadi andalan Ngawi boleh disebut memprihatinkan.

Misalnya yang terjadi di Taman Candi, wilayah Desa Beran Kecamatan Ngawi. Taman yang dibangun pemkab di seputaran kali mati seluas 3,7 hektar ini tak memiliki akses jalan memadai. Bila hujan turun, jalanan becek dan banyak kubangan. Sebaliknya, bila musim kemarau, jalannya berdebu karena memang belum ada perkerasan. “Agak kecewa sih, karena sebenarnya saat habis hujan kawasan kali mati airnya banyak dan juga lebih hijau, tapi jalannya itu tidak bagus, becek,” ujar Aris, salah satu pengunjung.

Kawasan Taman Candi ini sudah pernah dibangun pada 2014 dengan menelan anggaran Rp 3,7 M dan tahun 20166 sebanyak Rp 1,4 M untuk fasilitas umum. Selain taman candi, taman alun-alun khususnya yang ada di sekitar UPT Alun-alun juga menuai keluhan.

Pada kolam di samping UPT misalnya, ditengarai bocor dengan indikasi air kolam sering habis sendiri dan memuat air mancur kolam pun tak bisa berfungsi maksimal. Kawasan hijau yang mudah untuk jadi jujugan masyarakat beraktifitas ini kurang menyenangkan karena toilet yang ada di UPT menebarkan bau tak sedap. Bau itu bahkan bisa menebar sampai ke jalan raya dan mengganggu pengunjung. Kebusukan bau ini, parahnya, bisa berlangsung berkal-kali dalam sehari setiap ada yang menggunakan toilet. “Sangat mengganggu dan menjijikkan, “ ungkap Sumadi, salah satu pengunjung UPT.

Niat Pemkab Ngawi untuk menjadikan tahun 2017 sebagai tahun kunjungan wisata, sayangnya tidak dibarengi niat menyiapkan dan memelihara destinasi wisatanya. “Kita khawatir, Visit Ngawi Year 2017 itu jangan-jangan hanya slogan dan kampanye belaka namun nyatanya mengecewakan,” ungkap Sumadi lagi.

Kawasan wisata yang banyak dipromosikan, Benteng Van Den Bosch atau acap disebut Benteng Pendhem juga membuat pengunjung terganggu dengan baunya. Kotoran burung yang terkena air hujan menebarkan bau menyengat yang dapat membuat sesak nafas. Dan sampai sekarang belum ada tindakan untuk dapat mengusir bau tersebut. (ari)

post-top-smn

Baca berita terkait