Friday, 24 May 2019

Limbah Non B3 UP Paiton Jadi Bahan Baku Kerajinan

post-top-smn

Ilustrasi

Surabaya, SMN – Limbah non B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) yang dihasilkan Unit Pembangkit (UP) Paiton dapat dijadikan bahan baku kerajinan sehingga mampu menghidupkan ekonomi kreatif masyarakat di sekitarnya.

Direktur Utama PJB, Iwan Agung Firstantara di Surabaya, Kamis (18/1/2018) menceritakan, terkait pengolahan limbah padat non B3, banyak upaya yang dilakukan, UP Paiton agar sisa produksi yang tidak terpakai ini bisa digunakan menjadi sesuatu yang bermanfaat.

“Setelah dilakukan percobaan dan penelitian, kami berhasil mengolah limbah menjadi aneka kerajinan tangan seperti fas bunga asbak, dan hiasan rumah. Keberhasilan kami ini mampu  meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Keberhasilan juga diperlihatkan Paiton dalam pemanfaatan air dan penurunan beban pencemaran. Dengan berbagai upaya, Paiton dalam hal intensitas air limbah menempati peringkat 10 terbaik dunia. “Salah satu upaya yang cukup menonjol adalah inovasi dalam pendingin Motor CWP dengan sistem tertutup, sehingga tidak ada air yang terbuang,” jelasnya.(kom)

post-top-smn

Baca berita terkait