Tuesday, 24 April 2018

KPU Lantik Anggota 493 PPK dan PPS se-Kabupaten Situbondo

post-top-smn

Suasana pelantikan anggpta PPK dan PPS, kota Probolinggo.

Situbondo, SMN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, melantik sebanyak 85 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 408 Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Situbondo, untuk pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur, yang diagendakan pada Tahun 2018 mendatang, Rabu (22/11).

Proses pelantikan dan pengambilan sumpah ratusan anggota PPK dan PPS dipimpin oleh  ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto, di Gedung Olahraga (GOR) Kota Situbondo.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto, meminta agar ratusan  anggota PPK yang tersebar pada 17 kecamatan dan PPS dari 136 desa/kelurahan  yang baru dilantik itu,  dapat menjalankan tugas, sesuai tanggungjawab yang diberikan.

“Saya berharap setelah dilantik, PPK dan PPS ini dapat terus menjaga netralitas dan integritas, serta kerja dengan baik sesuai aturan. Jaga soliditas dan jangan lupa untuk taat aturan dalam bekerja,” ujar Marwoto, Rabu (22/11).

Menurutnya, kedepan tugas PPK dan PPS Situbondo  cukup berat, karena pada pelaksanaan Pilgub Jawa Timur ada pengurangan jumlah Tempat Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Situbondo.”Sebelumnya jumlah TPS di Situbondo sebanyak 1.753 TPS, namun pada pelaksanaan Pilgub Jatim Tahun 2018 mendatang, jumlah TPS hanya 1.172 TPS,”katanya.

Sementara itu, salah seorang komisioner KPU Situbondo Divisi Parmas dan SDM Iwan Suryadi mengatakan, paska pelantikan anggota PPK dan PPS se-Kabupaten Situbondo mengatakan, paska  dilantik,  pihaknya memberikan kesempatan kepada anggota PPK  selama 10 hari.

“Agar PPK   dapat menentukan struktur dan melakukan koordinasi dengan kecamatan masing-masing, dalam menentukan sekretaris dan sekretariat PPK di masing-masing kecamatan. Selain itu, PPK juga diberi tugas untuk mengawal struktur PPS diwilayahnya masing-masing,”terang Iwan Suryadi.

Ditambahkan, pihaknya berharap PPK dan PPS se-Kabupaten Situbondo dapat menjalankan tugasnya, sesuai  dengan aturan yang berlaku.”Sesuai poksinya dalam UU Pilkada nomor 10 tahun 2006, dan UU Pemilu nomor 7 tahun 2017. Dimana fungsi pokok PPK adalah membantu KPU, dan PPS membantu PPK dalam hal penyelenggaraan kepemiluan,”pungkasnya.

post-top-smn

Baca berita terkait