Monday, 23 July 2018

KPU Kota Kediri Libatkan Warga Dalam Pelipatan Surat Suara

post-top-smn

Pelipatan surat suara di Rumah Pintar Pemilu, di Kantor KPU di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kota Kediri

Kediri, SMN – Komisi Pemilihan Umum Kota Kediri tengah mensortir dan melipat surat suara, untuk pemilihan walikota dan Wakil Walikota Kediri 2018, pada 27 juni mendatang. Totalnya 204.495 lembar surat suara dilipat oleh 40 warga sekitar.

Penyortiran dan pelipatan surat suara berlangsung di Rumah Pintar Pemilu, di Kantor KPU di Jalan jaksa Agung Suprapto, Kota Kediri.

Dalam pengerjaannya, KPU melibatkan sekitar 40 warga sekitar, yang umumnya didominasi oleh ibu rumah tangga. Mereka mengisi waktu luang sekaligus menambah penghasilan.

Total sebanyak 204.495 surat suara yang ditargetkan akan rampung dalam tiga hari ke depan. Jumlah itu termasuk tambahan 2,5 persen dari total nilai daftar pemilih tetap atau DPT.

Jika surat suara tidak layak digunakan maka akan disisihkan dan diasumsikan sebagai surat suara rusak. Kemudian surat suara yang layak atau sesuai (tidak cacat) diklasifikasikan sebagai surat suara yang bisa digunakan.

“Untuk kategori banyak, ada beberapa komponen. Prinsip utamanya adalah bahwa surat suara itu tidak ada kerusakan seperti bercak tinta tidak ada kotoran, tidak ada lubang dan lain sebagainya,” terang Wahyudi.

Sementara itu, terkait dengan proses keamanan, ada sekitar 40 orang yang melaksanakan penyortiran dan pelipatan surat suara. Sebanyak 40 orang tersebut dibagi menjadi 5 kelompok yang diisi oleh 8 orang dan masing-masing kelompok tersebut akan diawasi oleh sekretariat KPU Kota Kediri sebanyak 2 orang. Serta KPU Kota Kediri juga dibantu oleh petugas dari Kepolisian yang selalu berjaga.

“Pada saat memasuki ruang pensortiran dan pelipatan surat suara tas dari masing-masing orang akan kita sisihkan, kemudian barulah mereka melakukan proses pensortiran dan pelipatan. Seandainya mereka mau keluar dari ruangan maka harus izin dengan petugas pengawas untuk digeledah terlebih dahulu agar mereka keluar tidak membawa surat suara,” pungkasnya. (Adv/bd)

post-top-smn

Baca berita terkait