Friday, 19 October 2018

KPU Kota Kediri Lakukan Proses Persotiran Surat Suara

post-top-smn

KPU saat lakukan persotiran surat suara

Kediri, SMN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri melaksanakan pensortiran dan pelipatan surat suara, Senin (28/5) bertempat di Rumah Pintar Pemilu “Kilisuci” di Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 32 Kediri. Pensortiran dan pelipatan surat suara melibatkan masyarakat sekitar kantor KPU Kota Kediri yang diawasi oleh sekretariat.

“Hari ini KPU Kota Kediri mulai hari pertama untuk pensortiran dan pelipatan surat suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kediri 2018 yang mana tahapan ini KPU Kota Kediri melihat surat suara itu nanti layak atau tidak digunakan,”jelas Moch, Wahyudi selaku Komisioner KPU Kota Kediri divisi Keuangan, Umum, dan Logistik (KUL) saat dimintai keterangan di kantor KPU Kota Kediri.

Moch, Wahyudi menambahkan bahwa jika surat suara tidak layak digunakan maka akan disisihkan dan diasumsikan sebagai surat suara rusak. Kemudian surat suara yang layak atau sesuai (tidak cacat) diklasifikasikan sebagai surat suara yang bisa digunakan.

“Untuk kategori Kelayakan banyak, ada beberapa komponen. Prinsip utamanya adalah bahwa surat suara itu tidak ada kerusakan seperti bercak tinta, tidak ada kotoran, tidak ada lubang dan lain sebagainya,”terang Moch. Wahyudi.

Moch. Wahyudi menjelaskan terkait dengan proses keamanan, ada sekitar 40 orang yang melaksanakan pensortiran dan pelipatan surat suara. Sebanyak 40 orang tersebut dibagi menjadi 5 kelompok yang diisi oleh 8 orang dan masing-masing kelompok tersebut akan diawasi oleh sekretariat KPU Kota Kediri sebanyak 2 orang. Serta KPU Kota Kediri juga dibantu oleh petugas dari Kepolisian yang selalu berjaga.

“Pada saat memasuki ruang pensortiran dan pelipatan surat suara tas dari masing-masing orang akan kita sisihkan, kemudian barulah mereka melakukan proses pensortiran dan pelipatan. Seandainya mereka mau keluar dari ruangan maka harus izin dengan petugas pengawas untuk digeledah terlebih dahulu agar mereka keluar tidak membawa surat suara,”jelas Komisioner KPU Kota Kediri divisi KUL tersebut.(adv/kpu)

post-top-smn

Baca berita terkait