Monday, 22 October 2018

KPU Jember Kurang Surat Suara Pilgub Sekitar 18 Ribuan

post-top-smn

JEMBER, SMN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember, ternyata masih kekurangan surat suara hampir 18 ribuan lembar. Hal itu diketahui setelah selesainya proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018, beberapa waktu yang lalu.

Dan kekurangan itu, kata Komisioner KPU Kabupaten Jember, Ahmad Hanafi ditemukan pada setiap kardus yang diterima oleh KPU Kabupaten Jember.

“Memang ada ribuan lebih surat suara yang kurang, dan juga 300 lebih surat suara yang rusak,” katanya saat dikonfirmasi sejumlah media.

Dari proses penyortiran dan pelipatan surat suara, dikatakan Hanafi bahwa pastinya ada sekitar 18.259 lembar surat suara yang kurang, dan ada sekitar 1.840.157 lembar surat suara baik, sedangkan yang rusak ada sekitar 385 lembar. Dan ini sudah dilakukan pelipatan oleh sekitar 200 orang lebih.

Jenis kerusakan surat suara yang ditemukan, katanya, seperti ada bercak tinta di salah satu gambar pasangan, ada surat suara yang sobek dan berlubang.

“Juga ada surat suara yang kelebihan kertas di beberapa sisinya, dan juga terjadi degradasi warna,” sambungnya.

Sehingga dari hasil temuan tersebut, KPU Kabupaten Jember langsung melakukan rapat pleno, dan membahas untuk segera meminta pengganti kerusakan dan kekurangan surat suara tersebut.

“Kami akan ajukan permohonan ke KPU Provinsi Jawa Timur, untuk mengganti surat suara rusak dan yang kurang itu. Harapannya dalam pekan ini, surat suara pengganti bisa segera dikirim,” jelasnya.

Sekretaris KPU Kabupaten Jember, Hadi Susilo juga menyampaikan, bahwa pelipatan kertas suara merupakan tahapan dari Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018.

“Nantinya proses pelipatan kertas suara tersebut, akan dilakukan selama 5 hari ke depan, dan dikerjakan dari pagi hingga sore hari. Untuk tenaga pelipatnya, merupakan tenaga yang pernah dilibatkan pada pemilu-pemilu sebelumnya, jadi sudah berpengalaman,” kata Hadi kepada sejumlah media waktu itu.

Ia menjelaskan, total tenaga pelipat kertas suara ada 215 orang, yang direkrut dari berbagai daerah di wilayah Kabupaten Jember, dengan ongkos yang diterima Rp 106 per lembarnya.

Perlu diketahui, nantinya kertas suara tersebut akan diantarkan langsung ke 4.347 TPS yang ada di Kabupaten Jember. Dimana per TPS, jumlah pemilihnya maksimal ada 600 orang. (afu)

post-top-smn

Baca berita terkait