Tuesday, 16 October 2018

KLH Kembali Rekrut Anggota Garda Lingkungan Jatim

post-top-smn

lingkungan-hidup Surabaya, SMN – Dalam rangka membantu proses pengawasan pencemaran lingkungan hidup, Konsorsium Lingkungan Hidup merekrut anggota Garda Lingkungan. Pada Desember mendatang, setelah ada ratusan anggota Garda Lingkungan yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Timur, maka akan ada perekrutan kembali anggota baru yang berasal dari berbagai daerah kab/kota di Jatim.

“Kami akan menggelar kembali pelatihan untuk anggota Garda Lingkungan. Untuk peserta pelatihan sebanyak 50 orang di mana 75 persen di antaranya adalah anggota baru. Mereka akan kami beri pembekalan materi terkait pengawasan pencemaran, khususnya terkait limbah B3 (Bahan Berbahaya Beracun),” kata Direktur KLH, Imam Rochani, Rabu (30/11).

Ia menjelaskan, dalam proses pelatihan akan disampaikan banyak materi. Untuk materi terkait regulasi yang berkaitan dengan lingkungan hidup dan terkait limbah B3 akan disampaikan dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jatim.

Materi lain yang akan disampaikan yakni terkait pemanfaatan sampah organik dari sungai yang dapat diolah menjadi pupuk. Selain itu disampaikan pula proses advokasi lingkungan hidup juga terkait jurnalisme lingkungan. Materi-materi tersebut disampiakan oleh Tim KLH.

Untuk pelaksanaan pelatihan dan perekrutan anggota Garda Lingkungan itu bakal dilaksanakan 21-22 Desember mendatang. Kegiatan digelar di Obech Rafting Pacet Mojokerto. “Pelatihan selama dua hari. Hari pertama kami sampaikan materi-materi dan juga diskusi pemetaan masalah lingkungan hidup dari daerah tiap peserta,” tuturnya.

Sedangkan untuk hari kedua, peserta juga akan dilatih mengidentifikasi pencemaran lingkungan. “Indikasi pencemaran untuk simulasi difokuskan pada identifikasi pencemaran di sungai seperti halnya kegiatan Patroli Air yang digelar KLH setiap bulan bersama instansi terkait. (afr/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait