Sunday, 18 November 2018

Khofifah Unggul 52,30 Persen di Ngawi

post-top-smn

rekapitulasi KPU kemarin (5/7), menetapkan paslon nomor satu ini unggul sebesar 52,30 persen dari Gus Ipul-Puti.

 

 

Ngawi, SMN – Pasangan Khofifah-Emil Dardak ungguli perolehan suara Gus Ipul-Puti. Ini setelah rekapitulasi KPU kemarin (5/7), menetapkan paslon nomor satu ini unggul sebesar 52,30 persen dari Gus Ipul-Puti. “Dari rekapitulasi ini perolehan pasangan calon nomor satu 242.639 suara, sedangkan lawannya 221.289 suara,” ungkap Syamsul Wathoni, Ketua KPU Ngawi.

Suara sah sebanyak 463.920 dari Daftar Pemilih Tetap sebanyak 699.567 jiwa. Tingkat kehadiran pemilih, menurut Toni, sapaan akrab Ketua KPU Ngawi ini, meningkat dibanding pilihan gubernur 2013 silam. “Kesadaran masyarakat semakin meningkat, ditunjang oleh peran media sosial maupun sosok pasangan calonnya sendiri,” ujarnya.

Namun berita acara rekapitulasi kemarin tidak ditandatangani oleh saksi paslon nomor 2. Menurut Toni sendiri, saksi yang tidak tandatangan adalah hak dan tidal menghalangi hasil rekapitulasi. Toni juga melihat hal itu sebagai pernyataan politik saja. “Kalau yg ditanyakan mengapa ada perbaikan di tingkat KPU, karena itu dibolehkan asal tidak mengubah hasil,” kata Toni.

Saksi dari paslon nomor 2, Yoyok Sunaryoko, menilai penyelenggara Pilgub di Ngawi tidak siap. Ini bisa dilihat dari masih banyaknya surat suara ridak sah dan ketidakhadiran warga untuk mencoblos. “Kinerja KPU  perlu ditingkatkan” kata Yoyok lagi.(ary)

post-top-smn

Baca berita terkait