Sunday, 20 May 2018

Kesbangpol Gelar Pendidikan Politik Untuk Generasi Muda SMA-SMK se-Kota Kediri

post-top-smn
Pendidikan politik bagi generasi muda yang diikuti oleh siswa siswi SMA-SMK dan Madrasah Aliyah Se Kota Kediri di Hotel Insumo Kediri.

Pendidikan politik bagi generasi muda yang diikuti oleh siswa siswi SMA-SMK dan Madrasah Aliyah Se Kota Kediri di Hotel Insumo Kediri.

Kediri, SMN – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) Kota Kediri pada Kamis, (15/12) yang dimulai tepat pukul 08.00 WIB telah menggelar Pendidikan Politik bagi Generasi Muda dalam rangka untuk Mensukseskan PILKADA SERENTAK Tahun 2018, di Hotel Insumo Kediri. Kepala Kantor KESBANGPOL, Tanto Widjohari. S.Pd, SH. pada kesempatan ini menyampaikan, bahwa “Sangat penting untuk memberikan pendidikan politik pada generasi muda, hal ini untuk mensukseskan pelaksanaan PILKADA serentak pada Tahun 2018 nanti, karena mereka adalah pemilih pemula sehingga perlu diberikan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya turut menggunakan hak politik mereka”.

Kegiatan yang digelar oleh kesbangpol ini, menurut Seksi Wawasan Kebangsaan, Beni Budiharto diikuti oleh siswa-siswi setingkat SMA, SMK dan Madrasah Aliyah se Kota Kediri. Sedangkan untuk peserta yang hadir diperkirakan lebih dari 300 peserta. Ada 2 materi utama pembahasan yaitu tentang bagaimana cara menjadi manusia Pancasila, sebagai wujud wawasan kebangsaan dan pendidikan politik untuk generasi muda.

Menurut Rachmat Kriyantono, S.Sos, M,Si, Ph.D, pemateri dosen dari Universitas Brawijaya kampus III Kediri, menyampaikan bahwa “Makna dari wawasan kebangsaan adalah untuk membentuk jiwa nasionalis, yang lebih mementingkan persatuan, kesatuan, kepentingan dan keselamatan bangsa dan Negara diatas kepentingan pribadi atau kelompok, serta untuk menjaga Pancasila, Bhineka Tinggal Ika, NKRI, untuk maju, mandiri, sejahtera lahir batin, dan sejajar dengan bangsa lain’. Sedangkan apa itu etika Pancasila, lebih lanjut Rachmat menjelaskan, “Etika Pancasila adalah nilai-nilai moral Pancasila yang menjadi pegangan seseorang atau kelompok dalam mengatur tingkah lakunya. Etika Pancasila ada 45 butir Pancasila ini lebih konkrit implementasinya”.

Selanjutnya materi Pendidikan politik untuk generasi muda, disampaikan oleh, Anang Sujoko pada peserta mengatakan, “Demokrasi Pancasila adalah musyawarah untuk mufakat dengan prinsip demokrasi Pancasila adalah memperhatikan kepentingan semua golongan, lapisan masyarakat berbagai daerah, suku dan agama. Sedangkan pemuda adalah generasi yang paling bertanggung jawab untuk keadaan masa depan, harus kreatif, cerdas, mandiri dan kritis. Generasi muda khususnya siswa siswi SMA, SMK dan Madrasah Aliyah di Kota Kediri agar berperan aktif dalam mensukseskan PILKADA serentak tahun 2018 mendatang. Golput bukan solusi, tetapi harus memanfaatkan pilihan, Ayo memilih karena satu suara anda akan sangat penting untuk kemajuan. (Adv/KESBANGPOL/SMG)

post-top-smn

Baca berita terkait