Monday, 22 October 2018

Kerja Nyata Humas Pemerintah dan Komunitas Informasi Kunci Membangun Reputasi Bangsa

post-top-smn
 pembukaan Temu Bakohumas dan Komunitas Tingkat Nasional di Bandung

pembukaan Temu Bakohumas dan Komunitas Tingkat Nasional di Bandung

Bandung, SMN – Kerja nyata humas pemerintah dan komunitas informasi seperti Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan Kelompok media Tradisional (metra) atau Pertunjukan rakyat (pertura) memegang peranan penting dalam membangun reputasi Indonesia sebagai bangsa yang maju dan bermartabat. Mereka dinilai telah mampu mengkomunikasikan keberhasilan berbagai program yang dilakukan pemerintah. Demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, dalam pembukaan Temu Bakohumas dan Komunitas Tingkat Nasional di Bandung melalui video teleconference dari Jakarta, Kamis (17/11).

Salah satu reputasi Indonesia yang patut diacungi jempol, lanjut Chief RA, panggilan akrab Rudiantara, adalah tingginya angka pertumbuhan ekonomi di saat negara lain malah tumbuh negatif, angka pengangguran yang menurun dan jumlah penduduk miskin yang berhasil ditahan agar tidak bertambah. Berbagai kemajuan ini, menurutnya, harus dikomunikasikan kepada masyarakat. “Sudah saatnyalah pemerintah harus mengkomunikasikan apa yang dikerjakan dan mengerjakan apa yang telah diucapkan, agar masyarakat tahu apa yang telah dikerjakan pemerintah,” ujar Chief RA.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sanjoyo, yang menyampaikan pidato kunci dalam kegiatan tersebut berharap semoga kemajuan Indonesia dalam bidang pembangunan desa seperti transfer dana desa yang terbesar di dunia, omset beberapa BUMDes yang mencapai triliunan rupiah hingga pemberdayaan ekonomi desa melalui kerjasama dengan berbagai BUMN dapat diekspos lebih luas oleh jajaran humas pemerintah hingga dapat meningkatkan reputasi Indonesia di mata dunia internasional.

Kegiatan Temu Bakohumas dan Komunitas Tingkat Nasional ini menurut Rosarita Niken Widiastuti, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, dihadiri sekitar 900 orang humas pemerintah dan komunitas informasi dari seluruh Indonesia. Selain paparan yang akan disampaikan oleh beberapa menteri, kegiatan ini juga diisi dengan pameran informasi kehumasan, festival media pertunjukan rakyat dan sarasehan KIM dan Pertura.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan yang menyampaikan sambutan tuan rumah mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta sekaligus menyebut kegiatan ini mempunyai peran sentral karena kehumasan pemerintah mempunyai fungsi penting untuk mengurangi kesalahpahaman antara masyarakat dengan pemerintah. (Eko/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait