Monday, 21 May 2018

Kepala Pasar Kota Malang Dilatih Manajemen

post-top-smn

managemen Kota Malang, SMN – Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kepala Pasar dan Ketua Paguyuban Pasar di Kota Malang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Malang, memberikan pelatihan manajemen pasar.

Kepala Disperindag Tri Widyani Pangastuti, kepada sejumlah wartawan Senin (21/11) kemarin menuturkan, perbaikan pengelolaan pasar itu mutlak dilakukan, karena itu pihaknya melakukan pelatihan manajemen kepada pengelola pasar.

“Dalam rangka memperbaiki pengelolaan Pasar Rakyat, agar menjadi lebih baik lagi. Pasar Rakyat sebagai sumber acauan bersama bagi semua pemangku kepentingan, maka pelatihan ini sangat penting,”tuturnya.

Pelatihan yang digelar di Hotel Savana Malang itu, menghadirkan narasumber dari Kementrian Perdagangan Republik Indonesia, Michael IJ dan Irene Yasmine itu, diharapkan mampu memberikan pengetahuan baru pengelola pasar.

Tri Widyani, menambahkan pasar merupakan bagian dari infrastruktur strategis dalam urat nadi perekonomian nasional. Karena itu pasar memilili peranan yang sangat besar dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Peran pasar tradisional sangatlah signifikan dalam memberikan kontribusi terhadap perekonomian daerah, makanya harus dikelola secara profesional, sehingga orang menjadi nyaman saat berada di pasar,”imbuhnya.

Hal yang mutlak dilakukan salah satunya adalah meningkatkan kualitas pasar, agar mampu memberikan kesempatan kerja dan menyediakan sarana berjualan yang layak dan memadai.

“Tujuan utama pelatihan ini, juga untuk mengubah mind set, Pasar Tradisional, yang terkesan kumuh dan tidak tertata. Kedapan tidak boleh seperti itu, Pasar Tradisioal harus tertata dengan baik,”tambahnya.

Ia berharap, pasca kegiatan ini, para pengelola pasar bisa menjadikan pasar sebagai tempat jual beli yang bersih, lengkap dan kompetitif sehingga tidak kalah bersaiang dengan dengan mall dan pasar modern sesuai dengan SNI Pasar.

Sementara itu, Michael IJ dari Kementrian Perdagangan Republik Indonesia dalam materinya menjelaskan secara rinci tentang penerapan SNI 8152:2015 tenang Pasar Rakyat.

Sedangkan Irene Yasmine lebih menjelaskan Manajemen pemasaran bagi pedagang pasar. Pada Sesi tanya jawab banyak peserta yang menanyakan seputar permasalahan yang sering dihadapi di pasar.(jun)

post-top-smn

Baca berita terkait