Sunday, 27 May 2018

Kemenag Segera Terbitkan Al-Quran Digital Tiga Versi

post-top-smn
Ilustrasi

Ilustrasi

Surabaya, SMN – Kementerian Agama (Kemenag) melalui Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran (LPMQ) segera menerbitkan Al-Quran Digital dalam tiga versi, yaitu android, website, dan IOS. Al-Quran digital ini sebenarnya sudah dirilis Menteri Agama tahun lalu namun LPMQ terus melakukan pengembangan agar layanan yang tersaji semakin baik dari waktu ke waktu.

“Kami ingin memudahkan akses masyarakat terhadap layanan yang menjadi tugas dan fungsi LPMQ. Karenanya, pada tahun ini, kami akan mengoptimalkan layanan berbasis teknologi informasi,” kata Pgs. Kepala LPMQ, Muchlis M Hanafi, Rabu (4/1) melalui rilisnya.

Muchlis LPMQ juga berencana mengembangkan tashih online yang juga telah dirilis tahun lalu. Setelah melalui proses pengembangan, Muchlis berharap layanan tashih online akan memudahkan penerbit dalam melakukan proses tashih. Selain itu, layanan tashih online juga diharapkan memudahkan masyarakat dalam ikut melakukan pengawasan.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan layanan lainnya yang akan dikembangkan LPMQ pada tahun ini adalah konsultasi publik terkait penyempurnaan terjemahan Al Quran melalui media daring. Muchlis mengaku akan segera menyiapkan laman khusus untuk memudahkan masyarakat yang ingin berkonsultasi.

“Layaknya konsultasi, layanan ini juga akan dibuat interaktif. Layanan ini juga diharapkan menjadi saluran publik yang ingin memberikan saran dan masukan terkait terjemahan Al Quran.LPMQ juga akan mempublikasikan versi digital buku-buku tafsir yang telah diterbitkan sehingga bisa diakses oleh masyarakat,” jelasnya.

Selain optimalisasi layanan berbasis teknologi informasi, LPMQ pada tahun 2017 juga akan melakukan pengembangan hasil kajian Al Quran berbasis multimedia. Output dari program ini adalah film-film pendek tentang kemukjizatan Al-Quran. “Sesuai arahan Menag, tahun ini kita juga akan menyusun kaidah tafsir keindonesiaan dan fiqih media sosial,” tutupnya.(luk/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait