Monday, 19 November 2018

Kembangkan Cabai, Balitbang Kemtan MoU Dengan Wahid Foundation

post-top-smn
Ilustrasi

Ilustrasi

Surabaya, SMN – Guna mencukupi kebutuhan cabai di tingkat rumah tangga, pemerintah melalui Kementerian Pertanian mengajak masyarakat menanam cabai di rumah. Untuk pelaskanaannya, salah satunya dikerjasamakan antara Balitbang Kementan dengan Wahid Foundation.

“Ibu rumah tangga pasti akan sangat terpengaruh dengan naiknnya harga cabai. Dengan menanam sendiri di rumah, maka ini juga bisa menghemat uang belanja dan bisa memanen sendiri saat butuh cabai untuk memasak,” kata Ketua Wahid Foundation, Yenny Wahid saat di BPTP Surabaya, Kamis (26/1).

Sebelum mengembangkan gerakan nasional tanam cabai ini, Yenny mengaku jika Wahid Foundation sebelumnya telah mencoba kerjasam pertanian. “Kami  sudah bekerjasama dengan kelompok tani Taruna Bumi di Jember untuk menanam terong dan cabai,” ujarnya.

Kerjasama itu, lanjut dia, cukup berhasil, sehingga dengan adanya MoU Wahid Foundation bersama Balitbang Kementan ini, diharapkannya bisa lebih meningkatkan peran serta masyarakat dalam mengembangkan tanam cabai di rumah.

“Masyarakat tidak bisa dibiarkan jalan sendiri. MoU Balitbang dan Wahid Foundation akan kami tindaklanjuti hingga ke tingkat grass root hingga jaringan kami di tingkat paling rendah,” tuturnya.

Ketua TP PKK Jatim, Nina Soekarwo menjelaskan, konsep penanaman di tingkat rumah tangga ini sudah dilakukan Pemprov Jatim melalui program karang kitri dan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari).    “Ketahanan pangan ini masuk dalam 10 program pokok PKK dan sudah direalisaikan hingga tingkat dasa wisma,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Nina, dengan adanya bantuan dari Balitbang Kementan melalui Wahid Foundation ini diharapkan bisa lebih membawa kesejahteraan bagi masyarakat Jawa Timur.

“Kami dari PKK selama dua periode tidak selesai karena ada 8.501 desa dan kelurahan se-Jatim. Soal nandur Jatim bisa lebih cepat. Jadi tidak salah kalau program tanam cabai ini pemerintah mengajak ibu-ibu karena tingkat grass root bisa membantu,” tuturnya.(afr/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait