Thursday, 15 November 2018

Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo Gelar Pembinaan FKDM

post-top-smn

Sekretaris Kecamatan Kanigaran kota Probolinggo Areis Rachmanto.Sp.Mm didampingi Ketua FKDM Kota Probolinggo HM.Eko Wahyono.Sh.Mm.M.Hum serta pejabat lainya saat Pembinaan di Pendopo Kecamatan Kanigaran.

Probolinggo, SMN  Pemerintah kota probolinggo yang dalam hal ini Kecamatan Kanigaran hari ini (14/8) menggelar kegiatan pembinaan Forum Keaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) yang bertempat di pendopo kecamatan kanigaran kota probolinggo. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua FKDM Kota probolinggo HM.Eko Wahyono .Sh.Mm.M.Hum , Komandan Rayon Militer , Kapt. Samsuri,DAMKAR , Lurah ,  dan para peserta sebanyak kurang lebih 100 orang dari berbagai unsur .

Camat Kanigaran kota Probolinggo yang diwakili oleh Sekretarisnya Areis Rachmanto .Sp.Mm dalam pembukaan acara tersebut mengatakan bahwa menyampaikan permohonan maaf dikarenakan ada agenda yang berbarengan maka Camat tidak bisa hadir. Lebih lanjut Sekretaris Kecamatan Kanigaran mengatakan bahwa dengan adanya pemilu kada yang telah terlaksanya bulan juni yang lalu , dan kecamatan Kanigaran telah sukses serta dalam keadaan kondusif , “ Saya mengucapkan terimakasih atas kontribusi dan partisipasi serta dukungan dari berbagai pihak “

Sekretaris Kecamatan juga menjelaskan bahwa sesuai Permendagri yang berlaku tahun ini nantinya FKDM akan ada dua kelembagaan yaitu untuk masyarakat dan untuk instasi pemerintah , kelembagaan tersebut saling bersinergi untuk mengantisipasi terkait Kewaspadaan dalam berbagai hal dan selalu koordinasi. Kepala FKDM yang sekaligus selaku Narasumber HM.Eko Wahyono.Sh.Mm.M.Hum dalam paparannya menjelaskan bahwa sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Repiublik Indonesia nomor 2 tahun 2018 Tentang Kewaspadaan Dini di Daerah adalah bertujuan untuk Pendektesian , Pengidentifikasian , Menilai , Menganalisa , Menafsirkan dan Menyajikan informasi dalam rangka memberikan peringatan dini untuk mengantisipasi berbagai potensi bentuk ATHG (Ancaman Tantangan Hambatan Gangguan ) di daerah , yang dalam hal ini dilaksanakan oleh pemerintah daeran dan masyarakat .

Lebih lanjut HM.Eko Wahyono , menjelaskan tentang Fungsi Kewaspadan Dini yaitu meningkatkan Peran kewaspadaan  Pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat untuk memelihara  kestabilan keamanan , ketertiban umum di daerah serta meningkatkan koordinasi , sinergitas antar perangkat daerah,

HM.EKO juga menjelaskan tentang tugas dan tanggung jawab Pemerintah daerah , serta tugas Tim Kewaspadaan Dini pemerintah daerah dan juga Tim Kewaspadaan Dini daerah di kecamatan yang ditetapkan oleh Walikota dan dasar hukum pembentukan FKDM. (edy)

post-top-smn

Baca berita terkait