Wednesday, 15 August 2018

Kapolres Labuhanbatu Siap Mengamankan Pelaksanaan Pilgubsu Tahun 2018

post-top-smn

polres rantauprapat

Rantauprapat, SMN – Dalam rangka koordinasi dengan pihak Polri menjelang tahapan Pilgubsu 2018, Kapolres Labuhanbatu, AKBP Frido Situmorang saat menerima audensi Ketua KPU Labuhanbatu Hj. Ira Wirtati bersama komisioner lainnya, Senin (7/8), yang membahas masalah logistik, kampanye dan titik rawan dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara yang akan dilaksanakan 2018 mendatang dengan mengerahkan kekuatan personil penuh, baik untuk pengamanan saat kampanye, pemilihan suara, TPS dan pendistribusian logistik.

Dikesempatan itu, Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang,SH,SIK menegaskan, Polri siap memberikan pengamanan dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara yang akan dilaksanakan 2018 mendatang dengan mengerahkan kekuatan personil penuh terhadap pengamanan logistik, pemungutan serta rekapitulasi.

Selain itu pihaknya juga mengajak dan memberikan saran untuk melakukan pembahasan tentang peta perbatasan daerah yang dianggap rawan akan mobilisasi pemilih seperti, perbatasan antara Kabupaten Labuhanbatu dengan Labuhanbatu Utara serta Labuhanbatu Selatan, kemudian perbatasan dengan Paluta di Kecamatan Dolok Sigompulon dan Tapsel.

Selanjutnya, Kapolres menyarankan, agar KPU Labuhanbatu bersama Polres mengajak para Tim Sukses nantinya untuk saling memahami tugas dan wewenang mereka agar tidak menyinggung ras dan agama dalam hal kampanye.

“Sumut merupakan masyarakat multi etnis dan agama yang harus tetap terjaga keberagamannya. Jika ada masalah sekecil mungkin, harus segera dibahas dan dibicarakan bersama demi kondusifitas masyarakat dalam Pilkada yang berkualitas dan bernilai demokrasi tinggi nantinya khususnya di Kabupaten Labuhanbatu,” ujar Kapolres.

Kapolres juga menyatakan, pada saat pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS juga diperlukan pengamanan, dan dihari yang sama hasil penghitungan suara dan surat suara yang digunakan akan disampaikan di TPS, desa, kelurahan dan pada hari yang sama juga hasil rekapitulasi surat suara dan kotak suara dikumpulkan di kelurahan dan disampaikan ke kecamatan.

“ Di kecamatan juga nantinya akan di back up pihak kepolisian dan akan di BKO kan tenaga pengamanan khususnya dari Kepolisian dengan pola pengamanan yang akan di sesuaikan,” jelas Kapolres sembari menyarankan agar melakukan rapat koordinasi dengan pemerintah dengan melibatkan camat sehingga pendataan batas wilayah masing-masing kecamatan jelas.

Ketua KPU Labuhanbatu Hj. Ira Wirtati dikesempatan tersebut mengutarakan, audensi yang dilakukan pihaknya ke Polres Labuhanbatu ini sesuai PKPU Nomor 1 tahun 2017 tentang tahapan program dan jadwal pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara. Dikatakannya, dengan keluarnya PKPU tersebut, dalam waktu dekat akan mempersiapkan penyelengara ditingkat kecamatan dan desa/kelurahan.

Ira juga menyampaikan, sampai dengan saat ini kesiapan KPU Labuhanbatu untuk pelaksanaan Pilgubsu sudah diprediksi sedini mungkin, dengan perkiraan TPS yang sudah dilaporkan sesuai draf sebanyak 1061 TPS, perencanaan tempat kampanye dan pendukung lainnya yang sudah disampaikan anggarannya ke KPU Propinsi Sumatera Utara. (Sanjaya)

post-top-smn

Baca berita terkait