Thursday, 22 August 2019

KAMPOENG ANGGREK, Pesona Baru di Kawasan Wisata Gunung Kelud

post-top-smn
Bupati Kediri bersama sejumlah pejabat dan tamu undangan meninjau area kampung anggrek

Bupati Kediri bersama sejumlah pejabat dan tamu undangan meninjau area kampung anggrek

Kediri, SMN – Kabupaten Kediri memiliki sumber daya alam yang sangat potensial untuk dikembangkan, salah satunya Agro Wisata. Hadirnya Kampoeng Anggrek di kawasan wisata Gunung Kelud memberikan warna baru bagi wisata alam Kediri.

Bertempat di Perkebunan Sumber Sari Petung, Desa Sempu Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri dilaksanakan kegiatan Peresmian Kampoeng Anggrek (7/5). Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno meresmikan secara langsung Kampoeng Anggrek. Hadir dalam kegiatan ini Direktur Perkebunan Sumber Sari Petung Dr. Ir. Zainudin, SU dan pejabat lingkungan Pemkab Kediri.

Dalam sambutannya Bupati Kediri menyampaikan bahwa Kampoeng Anggrek hadir melengkapi paket wisata Gunung Kelud. “Jika sebelumnya Gunung Kelud terkenal dengan wisata buahnya seperti agrowisata strawberry dan durian yang telah dikembangkan, wisata Gunung Kelud akan semakin indah dengan wisata bunganya. Kampoeng Anggrek hadir mendukung upaya pengembangan kawasan agrowisata sebagai destinasi baru tujuan wisata, tidak hanya dikembangkan sebagai tempat wisata dan pengembangan budidaya pertaniaan dan perkebunan saja tetapi juga bisa dijadikan tempat edukasi dan wahana riset tentang perkebunan anggrek”, ucap Haryanti Sutrisno.

Bupati Haryanti juga menambahkan “Dalam upaya   menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sudah seharusnya kita bekerja sama mengembangkan dan mempersiapkan produk – produk pertanian dan perkebunan kita agar meningkat baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya, termasuk juga dalam hal keanekaragaman hasil alamnya sehingga tidak kalah bersaing dengan produsen lain di pasar bebas”, tegasnya.

Bupati Haryanti menandatangani peresmian Kampung Anggrek

Bupati Haryanti menandatangani peresmian Kampung Anggrek

Sementara itu Direktur Perkebunan Sumber Sari Petung Dr. Ir. Zainudin, SU mengatakan, saat ini Kampoeng Anggrek telah mengumpulkan 100 spesies anggrek dan hybrid untuk pengembangan angrek-anggrek baru dengan tujuan konservasi. Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penandatangannan prasasti dan penyerahan santunan yang diberikan kepada anak yatim piatu serta penyerahan cinderamata dari Perkebunan Sumber Sari Petung kepada Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno. (hms/adv/kan)

post-top-smn

Baca berita terkait