Sunday, 21 October 2018

Kahubdam V/Brawijaya Resmikan Madrasah Aliyah

post-top-smn

Malang, SMN – Ikatan emosional antara TNI dengan masyarakat hendaknya selalu dikuatkan dengan berbagai cara agar semangat persatuan tidak luntur. Selasa, 15 Mei 2018 Kolonel Chb. M. Soleh meresmikan berdirinya Madrasah Aliyah Nur Ilahi di daerah Tajinan, Malang.

Kehadiran Kahubdam V/Brawijaya pada acara ini memiliki latarbelakang kedekatan dengan anak-anak yatim piatu yang menjadi santri di Pondok pesantren Nur Ilahi ini. Selain itu pula banyak dari personel satuan Perhubungan Kodam V ini yang aktif memberikan sumbangsih tenaga dan materi kepada para santri. “Bahwa hubungan Hubdam V/Brawijaya dimana satuan yang saya pimpin ini dengan Pondok Pesantren Nur Ilahi murni hubungan silaturrahmi sesama umat muslim yang juga merupakan salah satu wujud tugas TNI di bidang territorial yang diawali oleh beberapa anggota Hubdam V/Brawijaya hingga tingkaht satuan seperti yang terjalin seperti saat ini”, Ungkap Kolonel Chb. M. Soleh dalam sambutannya.

Hal ini dibenarkan oleh pengelola pondok pesantren bahwasannya hubungan silaturahmi dengan pihak Hubdam V sudah berlangsung cukup lama. “Beliau sering berkunjung kesini untuk berbagi kepada anak-anak yang mayoritas adalah yatim piatu dan duafa”, jelas K.H. Tamyis selaku pengelola ponpes Nur Ilahi

Ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan di wilayah Kecamatan ini sebenarnya sudah mencukupi namun dibeberapa dusun dan desa seperti yang ada di Tajinan Dusun Kertowinangun, Desa Tangkilsari masih terbilang jauh untuk dijangkau apalagi belum terjangkaunya moda transportasi umum kesini. Tingkat ekonomi juga masih menengah kebawah sebagian besar warganya bekerja sebagai buruh kasar disektor pertanian.

Melihat kondisi ini maka Kolonel M. Soleh memberikan bantuan agar kebutuhan dasar akan pendidikan bisa didapatkan anak-anak dusun tersebut. Sehingga kebutuhan pendidikan setingkat SMA (Madrasah Aliyah) bisa dirasakan masyarakat sekitar. Untuk melegalkan pendidikan yang dilakukan oleh ponpes ini Kolonel Soleh juga telah mengkoordinasikankan kepada pihak Departemen Agama agar diberikan bantuan terhadap legalitas resmi. Harappan besarfterhadap keberadaan Madrasah Aliyah ini juga mendapatkan dukungan moril dari salah satu tokoh agama di Malang yaitu K.H. Yusuf Abdurahman, ”Kita doakan pondok pesantren ini akan berkembang dengan baik dan memberikan kemanfaatan kepada masyarakat”.

Ia juga mengungkapkan rasa bangganya terhadap partisipasi TNI terhadap kegiatan kemasyarakatan semacam ini. Saya sangat bangga dan mendukung apabila ada TNI yang peduli dengan masyarakat karena TNI itu punya semboyan bersama rakyat TNI kuat. Oleh karenanya saya sebagai masyarakat berharap dimanapun tempatnya berada TNI disamping menjaga negara, melindungi negara, TNI juga harus dekat dengan rakyat, jelasnya.

post-top-smn

Baca berita terkait