Thursday, 22 August 2019

Kadis Kominfo Kabupaten Probolinggo Masuk Top 50 Anugerah ASN 2018

post-top-smn

Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo.

Probolinggo, Suaramedianasional.co.id –  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) punya cara tersendiri untuk mencari figur Aparatur Sipil Negara (ASN) panutan yang menunaikan tugasnya dengan baik, berkinerja tinggi, berprestasi dan melampaui ekspektasi.

Upaya untuk mendapatkan ASN panutan yang nantinya akan dijadikan “Duta ASN” itu dilakukan dengan menyelenggarakan Anugerah ASN Tahun 2018 yang terbagi dalam dua kategori yaitu Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama Teladan dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Inspiratif.

Untuk kategori PPT Pratama Teladan pesertanya adalah para PPT Pratama yang diusulkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) atau pejabat yang berwenang. Sementara untuk kategori PNS Inspiratif terbuka untuk semua PNS yang pengusulannya dilakukan oleh instansi dan/atau warga masyarakat.

Tim Juri yang melakukan penilaian dan wawancara mulai tahap seleksi administrasi hingga rapat akhir untuk menentukan pemenang, berasal dari berbagai latar belakang profesi dan keilmuan mulai akademisi, praktisi, profesional, dan pemerhati manajemen SDM.

Ajang pencarian “role model” ASN tersebut telah sampai pada tahap publikasi 50 nominator terpilih untuk kategori PPT Pratama Teladanan dan 52 nominator terpilih untuk kategori PNS Inspiratif. Pengumuman resmi ditampilkan di website menpan.go,id dan media lainnya mulai tanggal 16 Oktober 2018.

Selain pejabat pusat, tak sedikit pejabat dan PNS daerah yang juga masuk nominasi baik di kategori PPT Pratama Teladan maupun PNS Inspiratif. Salah satunya yang membanggakan bagi pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Probolinggo adalah masuknya salah satu pejabat Pemkab Probolinggo pada jajaran Top 50 untuk kategori PPT Pratama Teladan.

Pejabat terpilih tersebut adalah Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Tutug Edi Utomo. Akhirnya ada pejabat dari daerah yang bisa sejajar dan bersaing dengan pejabat populer level nasional sekelas Sutopo Purwo Nugroho dari BNPB yang juga masuk dalam nominasi. Tentu lolosnya ,Tutug pada penilaian tahap pertama sudah melalui proses seleksi yang cukup ketat mulai verifikasi administrasi hingga penilaian portofolio berupa penelusuran rekam jejak peserta.

Dari 50 nominator tepilih di kategori PPT Pratama Teladan yang sudah dipublikasikan tersebut akan disaring lagi menjadi 10 terbaik berdasarkan masukan berupa komentar dan informasi dari masyarakat yang disampaikan melalui website menpan.go.id dan email anugerahasn2018@gmail.com. Sementara untuk kategori PNS Inspiratif, dari 52 nominator akan dipilih 15 terbaik.

10 nominator kategori PPT Pratama Teladan dan 15 nominator PNS Inspiratif terpilih itu nantinya akan melalui tahap presentasi dan wawancara yang kemudian dilanjutkan dengan penilaian rekam jejak dan integritas. Pada tahap ini dilakukan verifikasi lapangan untuk memastikan bahwa rekam jejak dan integeritas para nominator layak untuk dijadikan panutan dan teladan.

Tahap akhir penilaian adalah rapat penilaian akhir yang akan menetapkan tiga nomine terbaik nasional masing-masing untuk kategori PPT Pratama Teladan dan PNS Inspiratif. Keenam nomine terbaik tersebut akan dinobatkan sebagai penerima Anugerah PPT Pratama Teladan dan PNS Inspiratif Tahun 2018.

Pengumuman pemenang Anugerah Aparatur Sipil Negara Tahun 2018 dijadwalkan pada minggu keempat bulan Nopember pada acara puncak yang dikaitkan dengan peringatan Hari Pahlawan. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan menyerahkan langsung. Anugerah PPT Pratama Teladan dan PNS Inspiratif. Kepada para pemenang akan diberikan penghargaan berupa pengembangan kompetensi, sertifikat serta penghargaan lainnya.(edy)

post-top-smn

Baca berita terkait