Wednesday, 19 December 2018

Kades Harus Dapat Memberikan Kebijakan Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat

post-top-smn

Bupati saat memberi sambutan.

Lumajang, SMN – Pembukaan Pembekalan dan pembinaan Kepala desa Kabupaten Lumajang, dibuka oleh Bupati Lumajang, Drs. H. As’at, M.Ag., di Hall Galaxy Klapan Kabupaten Lumajang, pada Senin (23/7) pagi.

Bupati As’at, menyampaikan bahwa kepala desa harus dapat memberikan kebijakan dalam program peningkatan pemberdayaan masyarakat.

“Pemerintahan desa, dapat menggunakan program yang memiliki dampak besar pada kehidupan ekonomi warga desa. Saya sangat berterima kasih atas kerjasamanya selama ini, loyalitas, keinginan untuk melaksanakan pemerintahan sesuai dengan aturan, karena semuanya tercatat dan tidak ada yang sia-sia,” beber Bupati.

Menurut Bupati, semua pihak harus bersama sama merencanakan kerja dengan bagus, melakukan tugas dengan bagus, sehingga pertanggungjawabannya bisa berjalan dengan baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lumajang, Patria Dwi Hastiadi, AP. M.Si., mengatakan bahwa seharusnya setelah ada kepala desa terpilih, dilakukan pembekalan.

Tetapi karena masih kita fokuskan pada peningkatan wawasan dan pengetahuan pemahaman perencanaan pembangunan di desa, maka kali ini bisa dilaksanakan. Patria mengungkakan, apapun nanti yang dihasilkan dan dirasakan masayarakat berasal dari perencanaan.

“Maksud dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pembekalan dan pembinaan terhadap kepala desa, tentang perencanaan pembangunan daerah,” jelasnya.

Menurutnya, tujuan kegiatan itu, adalah agar kepala desa mempunyai wawasan dan pemahaman terhadap perencanaan pembangunan daerah secara benar.

Narasumber dalam pembekalan dan pembinaan tersebut, dari P3MD, DPMD, Best Practice dari Kepala Desa Jatiroto, Nujum, karena Desa Jatiroto merupakan pelaksanaan desa terbaik se – Kabupaten Lumajang.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 17 Camat dan 43 Kepala Desa (Atk).

post-top-smn

Baca berita terkait