Wednesday, 19 December 2018

Kabupaten Lumajang Terima Nirwasita Tantra Award Tingkat Kabupaten Tahun 2017

post-top-smn
Bupati bersama istri saat menerima piala NIRWASITA TANTRA

Bupati bersama istri saat menerima piala NIRWASITA TANTRA

Lumajang, SMN – Nirwasita Tantra ini merupakan penghargaan dari Pemerintah Pusat melalui Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, yang diberikan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinanannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup.

Menurut Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag kali ini, Kabupaten Lumajang berhasil masuk nominasi penerima Nirwasita Tantra Award Tingkat Kabupaten Tahun 2017 ini.

“Penghargaan ini dinilai berdasarkan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) yang sebelumnya bernama Status Lingkungan Hidup Daerah serta respon dan inovasi yang telah dan sedang dilakukan,” katanya.

Berdasarkan penilaian dari tim independen yang terdiri dari unsur akademisi, LSM dan Kementerian, Kabupaten Lumajang berhasil masuk kedalam 12 Kabupaten Nominator Terbaik se Indonesia.

“Selain Lumajang masih ada 12 Kabupaten lainnya yang dapat penghargaan yang sama, diantaranya Tulungagung, Malang, Dharmasraya, Jombang, Tanjung Jabung Timur, Kerinci, Lamongan, Sukoharjo, Madiun, Pesisir Selatan dan Sleman,” jelas Bupati As’at lagi.

Nirwasita Tantra Award, kata Bupati As’at, merupakan piala bergilir yang dikompetisikan setiap tahun bagi seluruh daerah. Nantinya akan terseleksi satu provinsi, satu kabupaten dan satu kota terbaik yang berhak memperoleh penghargaan tersebut.

Kabupaten Lumajang berdasarkan penilaian berhasil masuk kedalam seleksi tahap akhir nominator peraih penghargaan Nirwasita Tantra. Hal ini dikarenakan Kepala Daerahnya berhasil memiliki kepemimpinan yang baik dan terbukti berhasil menata dan mengelola Lingkungan Hidup di wilayahnya sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Bupati As’at, kepada sejumlah media menjelaskan bahwa kelancaran dan keberhasilan Kabupaten Lumajang teriring dari masyarakat Lumajang, Kamis (6/7) yang bertempat di Ruang Rimbawan 2 Gedung KLHK Manggala Wanabakti, Jl. Gatot Subroto, Jakarta.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Lumajang mengaku siap untuk memaparkan kondisi lingkungan hidup di Lumajang dan berterima kasih atas segala dukungan yang telah diberikan demi kemajuan Kabupaten Lumajang.

“Syukron do’anya untuk Lumajang tercinta,” pungkas Bupati As’at, sambil meninggalkan tempat acara. (atk)

post-top-smn

Baca berita terkait