Sunday, 18 November 2018

Kabupaten Karo Terima Hibah BNBP Rp 161,7 M

post-top-smn

Kepala-kepala daerah penerima hibah daerah dari pemerintah pusat, termasuk ke Kabupaten Karo sebesar Rp 161,7 M.

Karo, www.suaramedianasional.co.id – Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH, didampingi Kepala BPBD  Martin Sitepu dan Kabid Pencegahan BPBD Kabupaten Karo, Suya Bakti, serta Kasie Rehabilitasi Rekonstruksi, Irvan Surbakti, menandatangani perjanjian hibah daerah (PHD) di Jl. Pramuka, Jakarta Timur, Rabu (7/11. Saat dihubungi via telepon, bupati membenarkan hibah tersebut akan diterima Pemkab Karo dan harus dipergunakan dengan baik dan cermat.

Tarkelin Brahmana menyatakan dana sebesar Rp 161,7 M itu akan dialokasikan untuk pembiayaan penanggulangan bencana. Pemda Karo akan menindaklanjuti dan melaksanakan kegiatan-kegiatan rehabilitasi dan analisis ini dengan tata kelola yang baik. “Ini merupakan amanah besar terutama harus dipergunakan dengan baik untuk penanaganan pasca bencana, dana yang besar juga menuntut tanggung jawab yang besar,” ungkapnya.

Dana hibah daerah untuk rehabilitasi dan rekonstruksi itu tentunya akan digunakan untuk perbaikan berbagai sarana pra sarana terutama infrastruktur yang rusak akibat bencana. Sementara Kalak BPBD Karo, Martin Sitepu, mengatakan sudah melengkapi semua persyaratan yang diminta BNPB terkait penyerahan dana hibah tersebut. “Karena sejak ditandatangani kepala daerah, hanya diberi waktu paling lambat 30 hari sudah harus disalurkan. Kita siap menerima dan mengelola dana tersebut dengan tepat sasaran dan tidak ada penyimpangan,” imbuhnya

Menurut Martin, turunnya dana hibah itu akan dapa menambah anggaran penyelenggaraan penanggulangan bencana. Pemkab Karo sudah berusaha mengalokasikan anggaran rehabilitasi pasca bencana namun sayangnya dana yang ada terbatas. Karena itulah Pemkab Karo mengajukan permintaan ke pemerintah pusat. Adanya penambahan dana dari pusat ini diharapkan akan dapat membantu masyarakat Karo yang terdampak bencana.

Kabupaten Karo menjadi salah satu penerima dana hibah, bersamaan dengan 12 daerah lainnya yakni DIY  Yogyakarta,  Provinsi Jawa Timur,  Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten  Bantul,  Kabupaten Gunun Kidul, Bupati Klaten, Kulon Progo, Pacitan, Sleman, Wonogiri, Kota Yogyakarta dan Provinsi Sumatera Utara. Penyerahan dan penandatanganan dana hibah Rehabilitasi Rekonstruksi Pasca Bencana TA. 2018  dilakukan oleh Direktu Pembiayaan dan transfer non dana perimbanga Kemenkeu, Ubaidi Socheh Hamidi. (ius)

post-top-smn

Baca berita terkait