Sunday, 22 July 2018

Jombang Gelar Seminar Gizi 2016

post-top-smn
Ir. Hj. Tjaturina Wihandoko, MM yang juga sebagai Bunda Motivator ASI Kabupaten Jombang bersama peserta seminar gizi 2016

Ir. Hj. Tjaturina Wihandoko, MM yang juga sebagai Bunda Motivator ASI Kabupaten Jombang bersama peserta seminar gizi 2016

Jombang, SMN Bangsa yang cerdas, kuat dan berprestasi sangat ditentukan oleh faktor kesehatan serta kecukupan gizi yang baik. Guna meningkatkan kesadaran, kepedulian, pengetahuan para petugas kesehatan, masyarakat dan keluarga untuk mendukung perbaikan gizi 1000 Hari Pertama Kelahiran (HPK), serta memperbaiki status gizi kelompok rawan gizi yakni bayi, balita, remaja, ibu hamil, ibu menyusui dalam upaya meningkatkan kualitas SDM di masa mendatang, Persatuan Ahli Gizi (Persagi) cabang Jombang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Paguyuban Konselor ASI Kabupaten Jombang menggelar Seminar Gizi 2016.

Seminar yang sekaligus untuk memperingati Hari Gizi Nasional tersebut diselenggarakan di Gedung Bung Tomo Pemkab Jombang pada (30/3/2016). Diikuti oleh anggota Persagi, konselor ASI, dokter, bidan, perawat, perwakilan Stikes, Rumah Sakit serta peserta dari luar kota seperti Mojokerto, Kediri, Nganjuk, Madiun, Sumenep.

Seminar yang dibuka oleh Ir. Hj. Tjaturina Wihandoko, MM Ketua Tim Penggerak PKK yang juga Ketua Forum Peduli ASI tersebut mengambil tema “ Bersama Membangun Generasi Cerdas Dan Berprestasi Melalui Kesehatan Dan Perbaikan Gizi 1000 HPK”.

Hadir dalam seminar Kepala Dinas Kesehatan, Ketua Persagi Jombang, Ketua Organisasi Profesi, kepala Puskesmas se Kabupaten Jombang, Organisasi masyarakat seperti Muslimat, Aisyiyah juga Fatayat. Disampaikan oleh dr. Heri Wibowo M.Kes Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang titik berat pembangunan adalah pembangunan ekonomi dan peningkatan SDM. Indikator keberhasilan pembangunan manusia adalah indeks pembangunan manusia, indeks daya saing dan indeks pembangunan kesehatan masyarakat.

Dalam rangka itu, katanya, diperlukan manusia yang sehat. Sehat dalam hal ini, mensyaratkan kondisi baik fisik maupun mental yang prima untuk dapat hidup secara produktif. Oleh karena itu, sehat secara fisik berarti tubuh bugar dan produktif. “Untuk sehat, salah satu syaratnya adalah status gizi yang baik,”tegasnya.

Suasana Seminar Gizi 2016 Kabupaten Jombang

Suasana Seminar Gizi 2016 Kabupaten Jombang

Ir. Hj. Tjaturina Wihandoko, MM yang juga sebagai Bunda Motivator ASI Kabupaten Jombang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Istri Bupati Jonbang Nyono Suharli Wihandoko ini berharap melalui kegiatan seminar gizi 2016 dapat membantu Program Dinas Kesehatan dalam menurunkan angka kematian Ibu maupun kematian bayi.

Diungkapkannya pula dengan adanya Perda ASI no 2 tahun 2015 tentang pemberian asi eksklusif diharapkan Pemerintah Kabupaten Jombang menjamin pemenuhan hak bayi untuk mendapatkan ASI eksklusif sejak lahir sampai usia 6 bulan dan dilanjutkan sampai 2 tahun, demi menjamin pertumbuhan dan perkembangan bayi. Selain itu juga memberikan perlindungan kepada ibu dalam memberikan ASI eksklusif kepada bayinya dan meningkatkan peran atau dukungan keluarga, masyarakat dan pemerintah daerah terhadap pemberian asi eksklusif.

Bahkan pada kesempatan tersebut, Bunda Motivator ASI ini, menunjukkan langsung tayangan video seorang Ibu warga Tunggorono yang baru saja melahirkan bayi kembar 3 pada (29/3/2016) di RSIA Muslimat Jombang. Sebelum membuka seminar Gizi, Tjaturina Wihandoko menyempatkan menjenguk Ibu dan Bayi tersebut di RSIA Muslimat yang tengah menyusui ketiga bayinya.

“Semoga tayangan ini memotivasi dan menginspirasi para calon Ibu, bahwa Alloh memberikan kecukupan ASI untuk anak kita, jangan sampai ada alasan ASI nya kurang atau tidak keluar sehingga tidak memberikan ASI kepada buah hati tercinta”, tuturnya.

Pembicara dalam seminar tersebut adalah Dr. Sri Adiningsih, dr.,M.S., M.CN yang memaparkan tentang “Gizi Dan Kesehatan Pranikah Dan Kehamilan Untuk menyiapkan Anak Sehat Dan Cerdas. Sedangkan materi tentang “Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil, Menyusui, Bayi, Balita Selama Periode 1000 HPK” ,disampaikan oleh Etik Sulistyowati, S.Gz,M. Kes.

Seminar Gizi 2016 juga didukung oleh pelajar SMPN Negeri 2 Jombang. Mereka sangat mendukung Program ASI di kabupaten Jombang. Bersama Grup Keroncongnya Cressendo mereka membawakan lagu-lagu yang berlirik tentang ASI. (hms/met)

 

 

 

 

 

 

 

 

post-top-smn

Baca berita terkait