Wednesday, 17 October 2018

Jokowi Beri Penghargaan Sembilan Kepala Daerah yang Gemar Tanam Pohon

post-top-smn
Presiden RI Joko Widodo saat foto bersama Kepala Daerah penerima penghargaan

Presiden RI Joko Widodo saat foto bersama Kepala Daerah penerima penghargaan

Tuban, SMN – Perhatian serius kepala daerah baik gubernur, bupati dan walikota untuk terus menggalakkan penanaman pohon mendapat perhatian Presiden RI, Joko Widodo. Sebanyak sembilan kepala daerah diberikan penghargaan saat di Tuban, Senin (28/11).

Adapun kepala daerah yang menerima penghargaan, yakni Gubernur Jatim, Plt Gubernur Aceh, Gubernur Sulawesi Utara, Bupati Cilacap, Bupati Kuningan, Bupati Lampung Timur, Walikota Cimahi, Walikota Metro Provinsi Lampung, dan Walikota Balikpapan. Penghargaan diberikan karena kepala daerah tersebut sangat peduli dengan penanaman pohon melalui intervensi regulasi.

“Kelestarian alam ini bukan urusan kecil. Menanam pohon ibarat menanam doa dan harapan untuk keberlanjutan hidup generasi yang akan datang,” kata Jokowi membuka sambutannya.

Jika tak peduli dengan lingkungan hidup dengan main asal tebang pohon, kata dia, maka bencana banjir dan longsor akan terjadi.

“Bencana banjir dan longsor di Bandung dan Garut karena hulu di gunung sudah beralihfungsi dari hutan jadi pertanian, pemukiman, tambang dan industri,” ungkapnya.

Jokowi menegaskan, yang terpenting bukan menanam pohonnya tapi bagaimana merawat setelahnya. “Tugas kita merawat dan menjaga agar pohon yang ditanam ini bisa tetap hidup dan juga  bisa menyejahterakan masyarakat,” tuturnya.

Presiden menegaskan, dari 238 pohon yang ditanam di Tuban dan memecahkan rekor dunia harus terus dijaga. “Gak perlu ngomong tinggi-tinggi. Tanam satu miliar pohon lah. Atau berapa lah. Yang penting pohonnya bisa tetap hidup itu sudah bagus. Percuma tanam ratusan ribu kalau yang hidup hanya tinggal dua,” cetusnya mengakhiri sambutan. (afr/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait